11 August 2017 15:47 WITA

6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
6 Makanan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

RAKYATKU.COM - Beberapa makanan dikenal luas memiliki manfaat yang baik bagi otak kita. Selain membantu kita agar menjadi lebih konsentrasi, makanan tertentu juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak kita.

Tetapi, apakah hal tersebut benar-benar teruji khasiatnya? Memang tidak dapat disangkal lagi apabila badan kita juga menjadi lebih tua seiring bertambahnya usia kita. Dilansir doktersehat, berikut beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak?

1. Kafein

Kafein dapat memberikan energi dan meningkatkan konsentrasi Anda. Kafein dapat ditemukan dalam kopi, cokelat, minuman berenergi, dan beberapa obat medikasi. Kafein dapat memberikan efek “melek” bagi Anda walaupun hanya dalam jangka waktu pendek. Tetapi, lebih baik tetap mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar karena apabila terlalu banyak, kafein dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan gelisah.

2. Gula

Gula sangatlah dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai energi. Sebenarnya bukanlah gula namun kandungan gula, yaitu glukosa, yang didapatkan dari gula dan karbohidrat dari makanan yang kita makan.

Oleh karena itu, apabila kita meminum minuman manis dapat memberikan kita efek segar yang meningkatkan pikiran, memori, dan kemampuan mental kita. Sama seperti kafein, jumlah gula yang kita komsumsi tetap harus dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

3. Ikan

Ikan terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk otak. Kandungan ini baik untuk mengurangi resiko demensia, stroke, dan penurunan mental.

Selain itu, juga baik untuk meningkatkan memori seiiring bertambahnya tua. Untuk kesehatan tubuh dan otak sebaiknya mengkonsumsi dua porsi ikan setiap 1 minggu.

4. Cokelat dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan dan vitamin E yang baik mengurangi penurunan kemampuan kognitif karena umur bertambah.

Cokelat hitam juga memiliki antioksidan yang sangat kuat dan terdapat kandungan kafein yang dapat meningkatkan fokus. Anda dapat menikmati 1 ons kacang-kacangan dan cokelat hitam sehari untuk mendapatkan keuntungan gizi dari makanan tersebut.

5. Alpukat dan gandum

Semua organ dalam tubuh kita bergantung dari aliran darah, terutama jantung dan otak. Diet dengan mengkonsumsi gandum utuh dan buah seperti alpukat dapat menurunkan resiko jantung dan kolesterol. Hal ini berarti mengurangi resiko penumpukan plak dan meningkatkan aliran darah, serta merupakan cara yang mudah untuk menstimulasi sel-sel otak.

Gandum utuh seperti popcorn dan whole-meat mengandung serat dan vitamin E. Walaupun alpukat mengandung lemak, lemak tersebut merupakan lemak monounsaturated yang baik untuk aliran darah tubuh kita.

6. Blueberries

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberries dapat melindungi otak dari kerusakan yang ditimbulakn oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek penuaan seperti Alzheimer dan demensia.

Studi juga menunjukkan bahwa diet blueberries dapat meningkatkan fungsi otot dari tikus yang membuat mereka memiliki kemampuan mental yang sama dengan tikus yang berumur lebih muda.