10 August 2017 14:38 WITA

Rutin Donor Darah Bisa Cegah 4 Penyakit Ini

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Rutin Donor Darah Bisa Cegah 4 Penyakit Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Donor darah kerap kali dianggap sebagai sebuah aktifitas yang mulia mengingat darah-darah ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan, khususnya para korban kecelakaan atau mereka yang harus menjalani prosedur pengobatan tertentu yang bisa membuat kehilangan banyak darah. 

Tak hanya itu, pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa rutin melakukan donor darah bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, khususnya dalam mencegah beberapa jenis penyakit. Apa sajakah penyakit-penyakit tersebut?

1. Penyakit jantun

Dalam jurnal berjudul American Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa melakukan donor darah secara rutin mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 33 persen lebih rendah dan serangan jantung hingga 88 persen lebih rendah. 

Sementara itu, American Medical Association menyebutkan bahwa dengan rutin melakukan donor darah setiap 6 bulan, kita bisa menurunkan resiko terkena stroke dan serangan jantung pada rentang usia 43 hingga 61 tahun.

2. Obesitas

Jika kita mendonorkan darah sebesar 450 ml saja, kita ternyata sudah membakar kalori sebanyak 650 kalori. Hal ini tentu bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa kita bisa melakukan donor darah setiap 3 bulan.

3. Mencegah kanker

Donor darah secara teratur ternyata mampu menurunkan resiko terkena kanker dengan signifikan. Kerap melakukannya juga akan membuat tubuh menjaga cadangan zat besi tetap dalam kondisi cukup. Adanya kandungan zat besi ini ternyata mampu membuat tubuh lebih baik dalam mencegah datangnya penyakit kanker.

4. Membuat tubuh awet muda

Rutin melakukan donor darah bisa membuat sel darah melakukan regenerasi dengan lebih baik. Hal ini ternyata bisa berimbas pada tubuh yang lebih sehat dan bugar. Dilansir doktersehat, rutin melakukannya juga mampu menurunkan kadar stress dengan signifikan. Hal ini bisa berimbas pada tubuh yang awet muda.