10 August 2017 12:57 WITA

Makan Cokelat Bisa Kurangi Penyakit Usus!

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Makan Cokelat Bisa Kurangi Penyakit Usus!
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Siapa sih yang tidak mengenal cokelat? Makanan yang memiliki rasa manis ini disebut-sebut sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Sebagai contoh, pakar kesehatan menyebutkan bahwa mengkonsumsi cokelat bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan menurunkan stress. 

Bahkan, sebuah penelitian terbaru berhasil membuktikan bahwa makan cokelat secara teratur bisa membuat kita menurunkan masalah kesehatan pada usus dengan signifikan.

Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Marco Colonna yang berasal dari Washington University School of Medicine yang ada di St. Louis. Dengan mengkonsumsi cokelat, kita akan mendapatkan kandungan tryptophan mampu meningkatkan toleransi usus dan menurunkan masalah peradangan pada organ pencernaan ini.

 Sebagai informasi, tryptophan ternyata termasuk dalam sejenis asam amino yang mampu membentuk protein dan menenangkan usus yang sedang terkena masalah kesehatan.

Dalam penelitian ini, Marco menggunakan tikus percobaan yang berada dalam kondisi steril. Tikus-tikus ini pun kemudian diminta untuk melakukan diet yang kaya akan protein untuk mengetahui apa dampaknya bagi kondisi tubuh, khususnya bagi organ pencernaan. 

Hasilnya adalah, tubuh tikus ternyata mengalami perkembangan sel imun dan akhirnya mampu membuat toleransi pada usus meningkat. Dilansir doktersehat, kandungan protein mampu meningkatkan sel imun pada bakteri baik lactobacillus reuteri yang memang hidup di usus dan sangat berguna dalam menjaga kesehatan organ ini.

Dalam penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam jurnal berjudul Science ini, Marco menyimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tryptophan ternyata mampu membuat sel imun pada bakteri lactobacillus reuteri meningkat dengan signifikan. Hal ini berarti, jika kita mengalami masalah kesehatan pada usus, kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi cokelat yang nikmat agar bisa meredakan masalahnya.

Tags