10 August 2017 08:47 WITA

Apakah Berolahraga Selama Datang Bulan Aman?

Editor: Suriawati
Apakah Berolahraga Selama Datang Bulan Aman?
INT

RAKYATKU.COM - Berolahraga setiap hari adalah kebiasaan sehat, yang bisa menghindarkan kita dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan depresi.

Tapi, beberapa wanita mungkin ragu-ragu untuk melakukan olahraga ketika mereka mengalami menstruasi, karena berbagai alasan.

BACA JUGA: Ini Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Padahal, menurut sebuah penelitian, melakukan latihan seperti cross-fit, kick boxing atau weightlifting, selama datang bulan adalah hal yang sangat bagus. Aktifitas ini dapat melepaskan hormon endorfin.

Selama menstruasi, hormon yang dikenal sebagai prostaglandin diproduksi di dalam tubuh, yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Jadi, endorfin bisa menghancurkan prostaglandin dan bahkan menghilangkan kram selama haid.

Tapi, bagaimana dengan mitos bahwa berolahraga akan mengurangi arus menstruasi? Dilansir dari Boldsky, itu hanya mitos. Tidak ada olahraga yang dapat membuat perbedaan dalam aliran menstruasi Anda, karena jumlah lapisan rahim yang ditumpahkan akan tetap sama.

Jika Anda tidak ingin melakukan olahraga berat, Anda bisa latihan kardio saja, seperti berlari, joging, jalan cepat, dan mendaki tangga. Latihan cardio juga dapat menghasilkan hormon endorfin.

Intinya, berolahraga selama datang bulan benar-benar aman, jika Anda merasa cukup nyaman saat mempraktikkannya.