07 August 2017 11:37 WITA

Masalah Kesehatan Seksual Serius yang Sering Diabaikan Wanita

Editor: Suriawati
Masalah Kesehatan Seksual Serius yang Sering Diabaikan Wanita
INT

RAKYATKU.COM - Wanita mengalami masalah dan kondisi kesehatan yang unik, mulai dari kehamilan, menopause, hingga kondisi ginekologis lainnya.

Masalah kesehatan seksual dan reproduksi bertanggung jawab atas sepertiga masalah kesehatan perempuan berusia antara 15 hingga 44 tahun. Seks yang tidak aman adalah faktor risiko utama, terutama di negara-negara berkembang.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Miss V Dengan Makanan Ini!

Ada beberapa masalah kesehatan seksual yang dihadapi wanita, dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Berikut diantaranya:

1. Infeksi ragi vagina
Aktivitas seperti berenang dan berlari bisa menyebabkan infeksi ragi. Hal ini bisa meningkat selama musim panas.

2. Infeksi saluran kemih
Rasa sakit di area kewanitaan saat buang air kecil merupakan tanda penyakit ini. Jika Anda mengalaminya satu kali dalam setahun, itu adalah hal normal. Jika Anda mendapatkannya berkali-kali, maka Anda harus berhati-hati.

3. Haid tidak teratur
Siklus haid yang normal adalah terjadi 21-35 hari. Siklus haid kurang dari 22 hari disebut polimenore dan jika lebih dari 35 hari disebut oligomenore. Jika Anda mendapatkan haid lebih cepat atau lebih lambat dari siklus tersebut, maka itu merupakan pertanda ada masalah dengan organ reproduksi Anda.

4. Bau tak sedap
Jika Anda mendeteksi bau yang tidak sedap di area kewanitaan Anda, maka itu adalah sebuah kekhawatiran. Itu bisa jadi pertanda adanya bakteri vaginosis.

5. Kram saat menstruasi
Kram saat haid sebenarnya normal. Tapi jika rasa sakitnya terlalu tak tertahankan dan memiliki tingkat yang bervariasi setiap bulannya, maka itu bisa jadi itu pertanda penyakit menular seksual.

6. Kista di payudara
Memiliki kista di payudara bukan berarti kanker payudara. Tapi, jika itu tidak hilang dalam sebulan, dan jika Anda memiliki riwayat keluarga terkena kanker payudara, maka itu adalah masalah.

Tags
Seks