24 July 2017 03:30 WITA

Sudah Berhubungan Seks, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

Editor: Fathul Khair Akmal
Sudah Berhubungan Seks, Jangan Lakukan 4 Hal Ini

RAKYATKU.COM - Setelah bercinta, apa yang biasanya Anda lakukan? Langsung tertidur, segera membersihkan diri ke kamar mandi, atau sekadar berpelukan dengan pasangan? 

Dikutip dari klikdokter.com, sebaiknya hindari melakukan empat hal ini usai berhubungan intim:

1. Membersihkan area vagina dengan sabun
Beberapa wanita biasanya langsung membersihkan vagina dengan sabun usai berhubungan intim. Kebiasaan ini sebetulnya sah-sah saja. Namun, hindari penggunaan sabun karena dapat membuat vagina iritasi atau bahkan mengalami reaksi alergi.

Kenapa bisa? Saat berhubungan seks, jaringan vagina mengalami gesekan, pembengkakan, atau perlukaan. Bila langsung terpapar dengan sabun, vagina dapat mengalami iritasi.

2. Berendam di bak mandi
Berendam di bak mandi bersama pasangan setelah bercinta mungkin terdengar romantis. Namun setelah berhubungan seks, vulva (bagian vagina) Anda mengalami pembengkakan sehingga 'lebih terbuka' dan membuatnya lebih mudah terpapar bakteri.

Selain itu, berendam dengan pasangan dapat membuat Anda terpapar dengan bakteri yang ada di kulit atau anusnya! Akibatnya Anda pun rentan terkena infeksi.

3. Membasuh vagina dengan tisu basah
Siapa di antara Anda yang sering melakukan ini setelah berhubungan seks? Jika pernah atau bahkan sering, sebaiknya hindari! 

Membasuh vagina dengan tisu basah dapat membuat area kewanitaan iritasi. Tanda dan gejalanya adalah adanya kemerahan, gatal, bengkak, dan nyeri. Apalagi jika Anda sensitif dengan kandungan seperti alkohol, gliserin, atau pewangi yang biasa terkandung pada tisu basah.

4. Lupa atau menahan buang air kecil
Saat berhubungan seks, jaringan vagina Anda mengalami pembengkakan dan perlukaan sehingga rentan mengalami infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Apalagi jika pasangan Anda belum disunat.

Karena itu, dalam 1 jam setelah berhubungan intim, sebaiknya segera buang air kecil untuk mencegah infeksi saluran kemih. Jangan lupa, basuhlah vagina dari arah depan (vagina) ke arah belakang (anus) untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Tags
Seks