Minggu, 16 Juli 2017 12:43 WITA

Wanita ini Tidak Sadar 27 Lensa Kontak Bersarang di Matanya

Editor: Suriawati
Wanita ini Tidak Sadar 27 Lensa Kontak Bersarang di Matanya
Foto: Rupal Morjaria

RAKYATKU.COM - Ini adalah kasus yang sangat langka. Ahli bedah Inggris menemukan 27 lensa kontak yang menempel di mata seorang wanita berusia 67 tahun, saat hendak melakukan operasi katarak.

Lensa tersebut telah menyebabkan pasien tidak nyaman, namun dokter awalnya mengira ia mengalami mata kering, dan diperparah oleh usia tua.

Rupal Morjaria, spesialis mata yang menangani kasus tersebut di Rumah Sakit Solihull dekat Birmingham, mengatakan, "tidak seorang pun dari kami pernah melihat ini sebelumnya."

Menurut laporan, spesialis mata awalnya menemukan 17 lensa. Tapi, setelah pemeriksaan lebih lanjut mereka menemukan 10 lensa lainnya menempel di mata.

"Massa itu sangat besar. Semua 17 lensa kontak itu saling menempel. Kami benar-benar terkejut pasien tidak menyadarinya karena akan menyebabkan iritasi," katanya pada Optometry Today.

Kasus tersebut terjadi pada November tahun lalu namun baru saja dilaporkan di British Medical Journal.

Wanita ini Tidak Sadar 27 Lensa Kontak Bersarang di MatanyaPasien tersebut mengatakan bahwa dia telah memakai lensa kontak bulanan sekali pakai selama 35 tahun, namun tidak rutin melakukan pengangkatan lensa.

Karena penemuan tersebut, operasi katarak wanita tersebut ditunda, karena risiko pengembangan endophthalmitis, atau peradangan pada bagian dalam mata.

"Dia sangat terkejut. Ketika dia melihat dua minggu setelah saya melepas lensa, dia mengatakan bahwa matanya terasa lebih nyaman," kata Dr Morjaria.