15 July 2017 18:33 WITA

Bersepeda, Aktifitas Paling Banyak Membakar Kalori  

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Bersepeda, Aktifitas Paling Banyak Membakar Kalori  

RAKYATKU.COM - Salah satu olahraga yang kerap dilakukan di akhir pekan seperti sekarang ini adalah bersepeda. Sebagian orang bahkan memiliki komunitasnya tersendiri dalam melakukan bersepeda ke berbagai tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Tak hanya menyenangkan untuk dilakukan karena bisa membuat kita melihat pemandangan sekitar, bersepeda ternyata termasuk dalam olahraga yang mampu membakar cukup banyak kalori. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menjaga berat badan tetap ideal, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika jarak yang ditempuh atau beban saat mengayuh akan berpengaruh besar pada seberapa banyak kalori yang kita bakar. Sebagai contoh, jika kita bersepeda di jalur yang berbukit sehingga jalanan akan naik, maka beban kayuhan kita akan meningkat. 

Hal ini ternyata bisa membuat kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Tak hanya itu, seberapa jauh jarak kita bersepeda tentu akan berimbas pada lamanya waktu melakukan olahraga ini dan pada akhirnya juga akan mempengaruhi banyaknya kalori dalam tubuh yang terbakar.

Sebuah penelitian yang berjudul The Compedium of Physical Activitites Tracking Guide juga menyebutkan dimana kecepatan saat bersepeda juga akan mempengaruhi seberapa banyak kalori yang dibakar dengan rincian sebagai berikut:

Bersepeda santai dengan kecepatan kurang dari 16 km per jam selama 1 jam akan membakar 272 kalori. Bersepeda dengan kecepatan 16 hingga 19 km per jam selama 1 jam akan membakar 408 kalori. Bersepeda dengan kecepatan 19 hingga 22 km per jam selama 1 jam akan membakar 544 kalori.

Bersepeda dengan kecepatan 22 hingga 26 km per jam selama 1 jam akan membakar 680 kalori. Bersepeda dengan kecepatan 26 hingga 30 km per jam selama 1 jam akan membakar 816 kalori. Bersepeda dengan kecepatan lebih dari 30 km per jam selama 1 jam akan membakar 1.088 kalori.

Melihat adanya fakta ini, dengan bersepeda keliling komplek saja kita sudah mampu membakar cukup banyak kalori, bukan? Jika anda ingin menambah jumlah kalori yang dibakar dan membuat tubuh lebih fit, kita bisa menambah kecepatan bersepeda atau memilih medan bersepeda yang lebih menantang.

Tak hanya membakar banyak kalori, pakar kesehatan menyebutkan bahwa rutin bersepeda juga baik bagi kesehatan jantung dan saluran pernafasan. Jadi, apakah anda berminat untuk mulai rutin bersepeda demi kesehatan tubuh?