15 July 2017 13:07 WITA

Minum Kopi Setelah Jam 2 Siang, Ini Dampaknya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Minum Kopi Setelah Jam 2 Siang, Ini Dampaknya

RAKYATKU.COM - Setelah jam makan siang, cukup banyak orang yang merasa mengantuk atau lesu sehingga kurang bersemangat untuk melakukan berbagai aktifitas. Agar bisa mendapatkan semangat kembali, maka mereka pun memilih untuk minum kopi. 

Memang, mengkonsumsi kopi yang nikmat ini bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak minum kopi di atas jam 2 siang karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan dr. Andrew Rochford menyebutkan bahwa kopi memang bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh seperti mengusir rasa kantuk dan menambah semangat. Hanya saja, kopi juga bisa membuat kita mengalami masalah tidur. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika gangguan tidur bisa membuat suasana hati kita menjadi tidak karuan dan masalah kesehatan lainnya.

Kebanyakan orang berpikir jika asalkan kita tidak mengkonsumsi kopi di malam hari, maka kita tidak akan mengalami masalah tidur malam. Padahal, dalam realitanya konsumsi kopi saat siang hari juga bisa mempengaruhi kualitas tidur kita di malam hari. 

Menurut Andrew, kafein yang didapatkan dari minum kopi saat siang hari tetap mampu mempengaruhi zat kimia yang ada dalam otak kita dan akhirnya menghalangi zat kimia yang bisa membuat kita segera terlelap atau tidur dengan nyenyak.

Lantas, apakah hal ini berarti kita tidak boleh minum kopi di siang hari?. Dilansir doktersehat, Andrew mengungkapkan ada baiknya kita tidak lagi minum kopi setelah jam 2 siang. Bahkan, jika kita sudah mengalami masalah susah tidur sebelumnya dan cenderung lebih sensitif pada kandungan kafein, ada baiknya kita juga sudah berhenti untuk minum kopi pada jam yang jauh lebih awal.

Kafein dari kopi memang bisa memberikan dampak yang berbeda-beda bagi banyak orang, namun, dr. Andrew menyarankan kita untuk tidak lagi minum kopi setelah jam makan siang agar kita tidak mengalami masalah susah tidur di malam hari.

Tags
kopi