Jumat, 14 Juli 2017 13:54 WITA

Mewarnai dan Meluruskan Rambut Bisa Picu Kanker Payudara

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Mewarnai dan Meluruskan Rambut Bisa Picu Kanker Payudara

RAKYATKU.COM - Untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik, cukup banyak orang, khususnya kaum hawa yang memilih untuk mewarnai atau meluruskan rambutnya agar terlihat lebih cantik. 

Sayangnya, dibalik penampilan rambut yang lebih menarik ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan mewarnai atau meluruskan rambut bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara.

Pakar kesehatan di bidang epidemiologi bernama Professor Tamarra James-Todd yang berasal dari Harvard T.H. Chan School of Public Health yang ada di Boston, Amerika Serikat, ini menyebutkan bahwa penggunaan cat rambut berwarna gelap seperti cokelat tua atau hitam dan produk pelurus rambut ternyata bisa membuat kita terpapar bahan kimia berbahaya yang bisa memicu datangnya kanker payudara. Fakta ini diungkapkan setelah James-Todd mengulas sebuah laporan kesehatan di Carciogenesis.

Dalam laporan tersebut, terdapat sebuah penelitian yang melibatkan 4.285 wanita dengan kulit putih dan hitam yang berasal dari amerika Serikat. Dilansri laman doktersehat, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kasus kanker payudara pada wanita yang berasal dari ras Afrika-Amerika yang menggunakan pewarna rambut berwarna hitam dan wanita berkulit putih yang kerap menggunakan pelurus rambut dengan bahan kimia. 

Hasilnya adalah, wanita berkulit hitam yang memakai pewarna rambut hitam akan meningkatkan resiko terkena kanker payudara hingga 51 persen lebih besar jika dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukannya. 

Sementara itu, wanita kulit putih yang menggunakan produk kimia pelurus rambut bahkan meningkatkan resiko terkena kanker mematikan ini hingga 74 persen lebih besar. Bahkan, jika wanita kulit putih kerap memakai cat rambut berwarna hitam dan meluruskan rambutnya, resiko terkena kanker ini akan jauh lebih besar lagi.

Penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan survei pada wanita dari kota New York dan New Jersey pada tahun 2002 hingga 2008 ini membuktikan bahwa ada baiknya kaum hawa tidak sembarangan mewarnai atau meluruskan rambutnya demi mencegah datangnya kanker yang sangat mengerikan ini.