Kamis, 13 Juli 2017 15:00 WITA

Ibu Jari Pria ini Berhasil Diganti Dengan Jempol Kaki

Editor: Suriawati
Ibu Jari Pria ini Berhasil Diganti Dengan Jempol Kaki
Foto: South Eastern Sydney Local Health District

RAKYATKU.COM - Dokter di Australia berhasil mencangkok jempol kaki seorang pria berusia 20 tahun, untuk menggantikan ibu jarinya yang lepas.

Pasien yang bernama Zac Mitchell adalah seorang pekerja peternakan di Australia Barat. Ia kehilangan ibu jarinya pada bulan April, setelah seekor banteng menendang tangannya, dan tmenghantam pagar.

BACA JUGA: Marinir Veteran Ini Sukses Lakukan Transplantasi Dua Lengannya

Saat kecelakaan itu, teman Mitchel berusaha menjaga jempolnya, dan memasukkannya ke dalam es. Dia diterbangkan ke rumah sakit di ibu kota negara bagian Perth, namun dokter gagal menyelamatkan ibu jarinya.

Ibu Jari Pria ini Berhasil Diganti Dengan Jempol KakiSinar-X menunjukkan jempol Mitchell

BBC melaporkan, Mitchel menjalani dua operasi, dan semuanya gagal. Akhirnya dokter memilih untuk memindahkan jempol kakinya dalam operasi yang berlangsung selama delapan jam.

Operasi transplantasi berlangsung Sydney Eye Hospital dua minggu yang lalu. Ahli bedah plastik terkemuka, Dr Sean Nicklin mengatakan bahwa mencangkok jempol kaki lengkap sangat jarang terjadi.

Selanjutnya, Mitchell membutuhkan lebih dari 12 bulan untuk rehabilitasi, namun dia berencana untuk kembali ke pekerjaannya setelah pulih.