13 July 2017 12:56 WITA

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Garam

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Garam

RAKYATKU.COM - Selain ketombe, cukup banyak orang yang mengeluhkan masalah kerontokan rambut. Berbeda dengan ketombe yang membuat kita tidak percaya diri karena mampu membuat rambut dan bahu terlihat kotor, rambut rontok bisa menjadi hal yang menakutkan karena membuat kita khawatir jika lama-lama rambut akan semakin menipis dan akhirnya mengalami kebotakan. 

Beruntung, untuk mengatasi masalah rambut rontok ini, kita hanya perlu menggunakan bahan dapur berupa garam. Menurut pakar kesehatan, garam laut ternyata kaya akan berbagai mineral layaknya potassium, kalsium, dan juga sodium. 

Mineral ini ternyata mampu memecah penumpukan sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala sehingga akan membantu kita mengatasi ketombe. Tak hanya itu, kandungan dalam garam ini ternyata mampu menstimulasi aliran darah sehingga akhirnya mampu mengatasi kerontokan pada rambut.

Untuk menggunakan garam ini, kita hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan garam laut, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 3 atau 4 tetes minyak esensial lavender. Campurkan minyak zaitun dan garam laut di dalam mangkuk. Setelahnya, kita tinggal menambahkan minyak esensial lavender. Semua bahan alami ini tinggal kita campurkan dan jadilah masker garam yang bisa mengatasi kerontokan rambut. 

Untuk menggunakannya seperti dilansir doktersehat, kita hanya perlu mengoleskan masker garam ini secara merata pada kulit kepala sembari dipijat-pijat selama 3 hingga 5 menit. Setelahnya, kita tinggal membersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air dingin.

Masker garam ini diyakini akan membuat sirkulasi darah pada kepala menjadi lebih lancar, menyerap produksi minyak berlebih pada rambut, serta membantu melembabkan dan meremajakan rambut. 

Hal ini ternyata akan berimbas pada pertumbuhan rambut yang lebih baik dan menurunkan masalah kerontokan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pakar kesehatan menyarankan kita menggunakan masker ini sekali sebulan.