Rabu, 12 Juli 2017 15:24 WITA

Wanita 19 Tahun ini Akan Jadi Dokter Termuda Malaysia

Editor: Suriawati
Wanita 19 Tahun ini Akan Jadi Dokter Termuda Malaysia
Chan Hao Shan

RAKYATKU.COM - Seorang wanita berusia 19 tahun akan menjadi dokter termuda Malaysia, setelah diwisuda tahun depan.

Chan Hao Shan saat ini berada di tahun terakhir  Bachelor of Medicine, Bachelor of Surgery (MBBS) di Taylor's University.

Minat Chan terhadap pengobatan dimulai saat ibunya didiagnosis menderita kanker. Ia masih berusia delapan tahun kala itu. Dari usia muda, Chan mulai membaca lebih banyak tentang tubuh manusia dan fungsi organ-organnya.

BACA JUGA: Wanita ini Akan Jadi Pilot Termuda yang Keliling Dunia Solo

"Saya penasaran dengan fungsi tubuh manusia. Misalnya, saya penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi di tenggorokan saat manusia menelan sesuatu," kata Chan pada Sin Chew Daily Daily.

Wanita 19 Tahun ini Akan Jadi Dokter Termuda MalaysiaKarena ia tampil menonjol di antara teman-temannya, orang tuanya memindahkannya ke sekolah internasional, hanya tiga tahun setelah bersekolah di Kuala Lumpur.

Chan berhasil menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya hanya dalam satu tahun. Dia kemudian mendaftarkan diri di Australian Matriculation Program (program pra-universitas yang diakui secara internasional) pada usia 14 tahun, dan menyelesaikan studinya dalam setahun.

Setelah lulus dengan MBBS, dia mengatakan bahwa dia berencana melanjutkan studinya sebagai spesialis, namun belum menentukan spesialisasi.