12 July 2017 09:18 WITA

Meski Kaya Manfaat, Ini Efek Samping Makan Bawang Merah

Editor: Suriawati
Meski Kaya Manfaat, Ini Efek Samping Makan Bawang Merah
INT

RAKYATKU.COM - Bawang merah memiliki banyak manfaat, selain digunakan sebagai bumbu masakan, ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Baca manfaatnya di sini!

Namun, sama seperti hal lainnya, sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan pasti mempunyai efek samping. Begitu pula dengan bawang merah. Ada kondisi tertentu yang mengharuskan kita untuk menghindari bawang merah.

BACA JUGA: Simpan Irisan Bawang di Bawah Kaki Semalaman dan Lihat Apa Yang  Terjadi!

Dilansir dari Stylecraze, berikut beberapa efek samping bawang merah:

1. Bau mulut
Bawang merah mengandung sulfur dengan kadar tinggi, sehingga jika dikonsumsi bisa meninggalkan bau mulut.

2. Mulas
Konsumsi bawang merah yang berlebihan bisa menimbulkan rasa mulas. Waspadai kondisi ini karena bisa menyebabkan efek yang lebih buruk. Bila mulas terjadi beberapa kali atau bahkan sering, jangan ragu untuk memperoleh bantuan medis.

3. Lambung terbakar
Meskipun bawang merah digunakan untuk mengobati beberapa gangguan gastrointestinal, namun jika dikonsumsi terlalu berlebih, dapat menyebabkan iritasi lambung, muntah, mual dan sensasi terbakar. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini setiap mengkonsumsi bawang, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

4. Mengurangi tekanan darah
Bawang merah dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Jika Anda mengonsumsi obat tekanan darah, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

5. Mengurangi gula darah
Bawang merah dapat mengurangi kadar gula darah, sehingga para penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka sebelum mengonsumsi bahan dapur yang satu ini.