11 July 2017 17:56 WITA

Pecandu Kopi? Anda Berpeluang Panjang Umur

Editor: Suriawati
Pecandu Kopi? Anda Berpeluang Panjang Umur
INT

RAKYATKU.COM - Dua penelitian terbaru dari AS dan Eropa menyimpulkan bahwa pecandu kopi berpotensi hidup lebih lama.

Studi pertama, yang dipimpin oleh Badan Penelitian Kanker Internasional (IARC) dan Imperial College London, meneliti lebih dari setengah juta orang di 10 negara di Eropa. Peneliti menemukan bahwa mereka yang minum sekitar tiga cangkir sehari cenderung hidup lebih lama daripada orang yang tidak minum kopi.

Studi kedua di lakkan di Amrika Serikat, dan melibatkan lebih dari 180.000 peserta dari berbagai latar belakang etnis.

Peneliti menemukan, mereka yang minum kopi satu cangkir sehari, 12 persen lebih kecil untuk meninggal karena penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan penyakit pernafasan dan ginjal, dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Mereka yang minum dua atau tiga cangkir per hari melihat kemungkinan lebih tinggi, yaitu 18 persen.

BACA JUGA: Kopi dan Teh Dapat Mencegah Penyakit Hati Kronis

"Kami tidak bisa mengatakan bahwa minum kopi akan memperpanjang hidup Anda, tapi kami melihat sebuah asosiasi," kata pemimpin penulis Veronica Setiawan, seorang profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Keck University of Southern California.

"Jika Anda suka minum kopi, minum! Jika Anda bukan peminum kopi, Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda harus memulai."

Kedua penelitian ini diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Sekitar 2,25 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari.

BACA JUGA: Remaja AS Meninggal Akibat Overdosis Kafein

Banyak penelitian sebelumnya memuji manfaat minum kopi, mengatakan bahwa minuman tersebut menanamkan anti oksidan, dapat memperbaiki fungsi hati dan mengurangi peradangan.

Tapi kopi bisa membawa risiko bagi beberapa orang, termasuk wanita hamil dan anak-anak. Sebuah laporan dari IARC tahun lalu mengatakan bahwa minum minuman yang sangat panas, seperti kopi atau teh adalah salah satu penyebab kanker kerongkongan.

Tags
kopi