Selasa, 11 Juli 2017 10:25 WITA

Ini Penyebab Kulit Mr. P Lebih Gelap

Editor: Adil Patawai Anar
Ini Penyebab Kulit Mr. P Lebih Gelap

RAKYATKU.COM – Cukup banyak pria yang keheranan dengan warna kulit organ vitalnya yang cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit pada bagian tubuh lainnya. Meskipun secara umum kulit tubuh kita cenderung cerah, tetap saja warna kulit penis ini lebih gelap. Apa yang menyebabkan hal ini?

Dilansir doktersehat.com, pakar kesehatan di bidang dermatologi bernama dr. Shanauq Patel yang berasal dari iCliniq menyebutkan bahwa warna kulit penis yang cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit tubuh secara keseluruhan ternyata berkaitan erat dengan hormon seks yang dimiliki oleh pria tersebut.

Saat mengalami pubertas, tubuh pria akan memproduksi hormon androgen yang ternyata bisa memberikan reaksi pada melanosit, bagian sel pada kulit yang memiliki kemampuan memproduki zat protein melanin. Jika jumlah melanin ini semakin meningkat, maka semakin gelap pula warna pada kulit.

Yang menarik adalah, peningkatan kadar protein melanin pada kulit yang dipicu oleh hormon seks ini ternyata bisa membuat perubahan warna kulit pada beberapa bagian tubuh yang merupakan atribut seksualitas layaknya penis pada pria dan aerola atau bagian sekitar puting payudara. Karena alasan inilah warna dari kedua bagian tubuh ini cenderung lebih gelap jika dibandingkan dengan warna kulit lainnya.

Selain karena faktor hormon, ada juga hal lain yang bisa menyebabkan warna kulit penis lebih gelap dari warna kulit bagian tubuh lainnya yakni kecenderungan pria untuk menggunakan celana dalam yang ketat sehingga kulit penis pun mengalami tekanan dengan berlebihan. Adanya tekanan ini ternyata memicu kulit untuk menjadi lebih tebal dan hal ini ternyata berpengaruh pada warna penis yang menjadi lebih gelap.

Pakar kesehatan dermatologi bernama dr. Lindsey Bordone yang berasal dari Columbia University Medical Center menyebutkan bahwa gesekan kronis yang terjadi pada organ vital pria dengan celana dalam yang hampir selalu digunakan setiap waktu bisa membuat kulit penis menjadi lebih kasar dan gelap. Tak hanya itu, kondisi kesehatan seperti diabetes atau obesitas juga bisa memicu perubahan warna pada organ vital pria menjadi lebih gelap.