Selasa, 11 Juli 2017 09:13 WITA

Berkeringat Saat Tidur, Berbahayakah?

Editor: Fathul Khair Akmal
Berkeringat Saat Tidur, Berbahayakah?

RAKYATKU.COM - Saat tidur, mungkin Anda pernah mengeluarkan keringat, yang jumlahnya tidak sedikit.  Meskipun, suhu udara tidak dalam kondisi yang panas.

Mungkinkah ada yang kurang baik dengan kesehatan Anda?
Dilansir dari laman kesehatan pria Men’s Fitness, disebutkan bahwa mengeluarkan keringat berlebihan saat tidur bisa menandakan adanya masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

Dikutip dari doktersehat.com, disebutkan bahwa mengeluarkan keringat berlebihan saat tidur, bisa menandakan adanya masalah kesehatan seperti sebagai berikut:

1. Hyperhidrosis
Pakar kesehatan menyebutkan, jika kemungkinan pertama mengapa kita bisa mengeluarkan keringat dengan berlebihan saat tidur adalah masalah kesehatan hyperhidrosis. Masalah ini ditandai dengan tubuh yang terus menerus mengeluarkan keringat tanpa adanya alasan tertentu. 

Biasanya, kondisi hyperhidrosis ini terjadi karena adanya perubahan hormon saat fase pubertas. Jika kondisi ini sudah sangat mengganggu, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk meringankan gejalanya.

loading...

2. Terus berkeringat dan disertai dengan gejala lainnya
Jika kita terus mengeluarkan keringat di malam hari, dan saat tidur yang disertai dengan gejala kesehatan lainnya layaknya penurunan berat badan dengan cepat, bisa jadi hal ini disebabkan oleh infeksi akut atau bahkan kecemasan yang berlebihan. 

Selain itu, kondisi sleep apnea dan hormon tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan hal ini. Yang harus kita waspadai adalah adanya kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan layaknya leukimia, limfoma, hingga HIV.

Jika kita sudah memeriksakan kondisi kesehatan tubuh ke dokter, dan tidak mengalami masalah kesehatan apapun, namun terus mengeluarkan keringat, bisa jadi hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan. Sebagai contoh, kita bisa membuka jendela sehingga udara segar bisa masuk ke kamar atau menggunakan AC. 

Selain itu, ada baiknya kita mulai menghindari asupan minuman berkafein layaknya kopi atau teh di malam hari, karena bisa meningkatkan denyut jantung dan produksi keringat pada tubuh.

Loading...
Loading...