Senin, 10 Juli 2017 16:31 WITA

Ini Bahaya Mengonsumsi Madu Terlalu Banyak

Editor: Suriawati
Ini Bahaya Mengonsumsi Madu Terlalu Banyak
INT

RAKYATKU.COM - Kita semua tahu bahwa mengonsumsi madu memiliki efek positif tersendiri terhadap kesehatan. Ini telah digunakan sebagai obat alami selama ribuan tahun. 
Tapi apa yang terjadi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak? Tentu saja, bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Satu sendok teh madu mengandung 5,8 gram karbohidrat  dalam bentuk gula. Dibandingkan dengan gula pasir, kandungan karbohidrat dan kalori madu sangat besar. Berikut efek yang ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi madu.

BACA JUGA: Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Malam Hari

1. Meningkatkan gula darah
Karena madu mengandung karbohidrat tinggi, madu cenderung menaikkan kadar gula darah. Pada orang sehat, produksi insulin menetralkan kenaikan kadar gula tetapi untuk penderita diabetes, ini bisa mengalami peningkatan signifikan.

Ini Bahaya Mengonsumsi Madu Terlalu Banyak2. Masalah gigi
Menurut USDA National Nutrient Database, sekitar 82 persen madu terdiri dari gula dan dapat dengan mudah meningkatkan kerusakan gigi. Meskipun madu memiliki gula alami sebagai komponennya, namun dengan mudah menempel pada berbagai bagian mulut Anda.

Madu membantu bakteri di dalam mulut membentuk asam yang bosa menyebabkan erosi email gigi, sehingga mendorong kerusakan gigi.

Ini Bahaya Mengonsumsi Madu Terlalu Banyak

3. Kenaikan berat badan
Fruktosa dalam madu bisa menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan terkait karena kadar gula yang tinggi.

Ini Bahaya Mengonsumsi Madu Terlalu Banyak4. Mempengaruhi saluran gastrointestinal
Madu yang mengandung sedikit asam bisa mengikis lapisan perut, kerongkongan dan usus, sehingga menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.