Senin, 10 Juli 2017 12:18 WITA

Sudah Tahu Belum, Asam Jawa Bisa Mencerahkan Kulit

Editor: Suriawati
Sudah Tahu Belum, Asam Jawa Bisa Mencerahkan Kulit
INT

RAKYATKU.COM - Asam jawa merupakan salah satu bahan dapur yang mudah ditemukan di Indonesia. Hampir semua rumah tangga menyediakan ini.

Asam jawa umumnya digunakan untuk menambahkan cita rasa pada masakan. Tapi, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan.

BACA JUAGA: Ketiak Hitam? Atasi dengan Krim Berbahan Dapur Ini 

Asam jawa mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga mencerahkan wajah yang terlihat kusam. 

Berikut beberapa cara memanfaatkan asam untuk kecantikan

1. Lulur
Lumatkan daging asam jawa dengan air panas. Tambahkan bubuk kunyit secukupnya dan aduk hingga membentuk adonan. Gunakan sebagai lulur selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sudah Tahu Belum, Asam Jawa Bisa Mencerahkan Kulit

2. Masker
Lumatkan daging buah asam jawa dengan sedikit garam dan yogurt. Campur hingga menjadi pasta. Aplikasikan masker tersebut di wajah, dan hindari bagian mata. Diamkan selama 20 menit, sambil dipijat perlahan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bilas dengan air bersih.

Sudah Tahu Belum, Asam Jawa Bisa Mencerahkan Kulit3. Scrub
Campurkan asam dengan sedikit garam laut dan susu. Aduk hingga merata lalu gosok memutar pada kulit wajah.

Ketiga cara ini akan membantu mencerahkan wajah karena kandungan vitamin C dan B dalam asam bisa mengangkat dan meluruhkan sel-sel kulit mati pada kulit, wajah sehingga wajah akan tampak lebih bersih, segar dan kinclong.