Senin, 10 Juli 2017 05:00 WITA

Ini 4 Cara Ampuh Atasi Kutu Rambut

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini 4 Cara Ampuh Atasi Kutu Rambut

RAKYATKU.COM - Kutu rambut adalah hal yang paling ditakuti semua wanita. Hal ini terjadi ketika kulit kepala terinfeksi oleh kutu yang merupakan serangga kecil penghisap darah melalui kepala.

Ukuran kutu rambut kecil, hanya sebesar biji wijen. Kepala yang terinfeksi kutu akan selalu terasa gatal dan terkadang mempunyai ruam di leher bagian belakang.

Kutu rambut umumnya dialami anak-anak, namun yang sudah dewasa juga perlu waspada karena kehadiran kutu rambut ini bisa terjadi akibat kontak langsung dan tidak langsung.

Supaya bisa mencegah kehadirannya, mari sama-sama mencari tahu lebih lanjut tentang kutu rambut dan cara menghilangkannya dengan cara seperti berikut. 

Penularan kutu rambut bisa melalui kontak secara langsung dan tidak. Kutu rambut bisa ditular melalui rambut yang bersentuhan dengan penderita lain, dan juga pada saat kamu meminjam sisir penderita. 

Kutu rambut tidak bisa lompat ataupun terbang dan penyakit ini juga tidak berkaitan dengan kebersihan rambut penderita. Kutu rambut akan bertelur di rambut dengan jangka waktu 9-10 hari hingga menetas dan kutu yang hidup pun hanya bisa bertahan di kepala selama 4 minggu.

Seperti dilansir Vemale.com, ada 4 cara untuk membasmi kutu rambut yang sangat mudah karena pada dasarnya kutu rambut sangat mudah untuk disembuhkan.

1. Rajin menyisir rambut setiap hari pagi dan malam. Sisir harus bersih setiap hari, agar tidak ada telur kutu yang merekat di sisir kamu. Ada jenis sisir khusus untuk kutu rambut yaitu sisir serit dengan jarak yang rapat untuk mengangkat kutu dari kepala.

loading...

2. Segera tangani dengan dengan obat kutu rambut yang banyak tersedia di apotek.

3. Rajin mengganti sarung bantal, seprai, dan barang-barang lain yang sering bersentuhan dengan rambut kamu.

4. Rajin keramas paling tidak 2 hari sekali.

Cara Mencegah:

Untuk mencegah kutu rambut, tentunya kamu harus selalu menjaga kebersihan rambut kamu. Jangan lupa untuk keramas minimal 2 hari sekali, rajin mengganti handuk dan menyisir rambut dengan sisir yang bersih. 

Tetapi perlu diingat bahwa kutu bisa menular dari orang lain. Jadi sebisa mungkin hindari kebiasaan bertukar atau meminjam sisir orang lain untuk mencegah penularan kutu rambut.

Tak hanya itu, saat berada di tempat umum yang situasinya padat, coba gunakan pelindung rambut untuk menjaga kebersihan rambut kamu.

Loading...
Loading...