Sabtu, 01 Juli 2017 16:45 WITA

Sering Pakai Makeup Waterproof, Ini Efeknya Pada Kesehatan Wajah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Sering Pakai Makeup Waterproof, Ini Efeknya Pada Kesehatan Wajah

RAKYATKU.COM - Wanita selalu ingin tampil cantik, untuk itu sebagian orang menganggap riasan wajah ataupun makeup merupakan hal wajib untuk digunakan. Namun, air dan keringat bisa menjadi musuh terbesar jika sedang memakai kosmetik. 

Untungnya, produsen kosmetik saat ini banyak mengeluarkan produk waterproof. Hal ini tentunya sangat membantu untuk mempertahankan riasan wajah, agar tidak luntur terkena keringat ataupun air.

Namun, bagaimanakah efeknya bagi kulit? Berikut ulasannya yang dilansir dari Klikdokter.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, produk-produk kosmetik waterproof cenderung sangat berat karena perlu “menempel” pada kulit walau terkena air. Kosmetik waterproof juga menimbulkan semacam lapisan sehingga kulit tidak dapat “bernapas”. Kulit yang tersumbat akan mudah mengalami jerawat.

Untuk maskara, bahan waterproof dapat membuat bulu mata kering. Bila pembersih kosmetiknya tidak sesuai, dapat menimbulkan gesekan berlebihan sehingga bulu mata rentan lepas.

loading...

Nah, untuk menjaga kulit tetap sehat, selalu bersihkan secara benar kosmetik di wajah setelah pemakaian. Untuk membersihkannya diperlukan makeup remover khusus untuk produk waterproof. 

Selain itu, perhatikan kandungan kosmetik yang digunakan. Jika bahan utamanya adalah silikon, sebaiknya tinggalkan. Bahan tersebut rentan menimbulkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan reaksi alergi pada kulit.

Namun, lebih baik lagi jika menghindari penggunaan makeup waterproof. Gunakan jika hanya sangat dibutuhkan. Jika memungkinkan, cobalah dahulu produk yang lebih ringan, seperti produk water-resistant. Umumnya hasil yang diberikan hampir sama saja dan formulanya tidak terlalu berat.

Agar wajah terhindar dari berbagai masalah kulit, gunakanlah kosmetik waterproof hanya pada acara-acara istimewa. Hindari menggunakan kosmetik ini untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, hapuslah kosmetik waterproof dengan baik agar kulit wajah tetap sehat.

Loading...
Loading...