Jumat, 23 Juni 2017 10:44 WITA

Siapa Sangka, Tomat Mampu Lawan Jerawat

Editor: Fathul Khair Akmal
Siapa Sangka, Tomat Mampu Lawan Jerawat

RAKYATKU.COM - Bila pori-pori kulit tersumbat dengan sel-sel mati dan kotoran lainnya, kelenjar sebaceous menghasilkan banyak minyak pelindung yang terjebak di bawah kulit. Hal ini menyebabkan infeksi bakteri yang berakibat pada jerawat. 

Hal itu pun, disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, stres, kebersihan yang buruk, pola makan yang buruk. Biasanya, jerawat akan muncul di wajah, dada, dan punggung. Namun jangan khawatir. Hanya dengan menggunakan tomat, Anda bisa melawan jerawat.

Dikutip dari positivemed.com, National Institute of Health mengklasifikasikan jerawat sebagai penyakit kulit yang berbahaya. Pada usia berapa pun, sangat memalukan dan bahkan menyakitkan. 

Ada satu ton produk jerawat yang diklaim bisa mengobati, bahkan kasus jerawat paling parah sekalipun. Beberapa produk ini, banyak yang mengandung bahan kimia keras, dan harganya mahal.

Namun siapa sangka, tomat juga sangat baik digunakan untuk menuntaskan jerawat yang mengganggu kepercayaan diri Anda. Tomat memiliki antioksidan, tinggi asam alami, dan aneka vitamin yang bisa cepat mengobati jerawat. 

Hal ini mampu mengobati, bahkan tingkat jerawat terburuk sekalipun. Anehnya, banyak orang belum memanfaatkan obat alami ini.

Berikut cara menggunakan tomat mengatasi jerawat:

1. Menerapkan tomat secara langsung
Cukup ambil tomat, potong menjadi dua, dan gosok ke area bermasalah Anda. Dengan menggunakan ujung jari Anda, pijat perlahan ke kulit Anda selama sekitar satu menit. 

Kemudian gunakan air hangat, untuk membilas wajah Anda. Jika Anda melakukannya berulang kali selama seminggu, Anda akan mendapatkan hasil yang bagus.

2. Membuat masker tomat
Bila jerawatnya lebih parah, sebaiknya coba metode ini. Hancurkan seluruh tomat dalam mangkuk, dengan menggunakan peralatan dapur biasa. Gunakan pulpa yang dihasilkan untuk mengubahnya menjadi pasta tomat. 
Setelah pasta menjadi halus, aplikasikan sebagai masker wajah di seluruh wajah, dan biarkan selama sekitar satu jam penuh. Bilas wajah Anda secara menyeluruh. gunakan cara ini sebanyak empat kali seminggu, dan Anda akan mendapati bahwa jerawat Anda akan meringankan.

Masker juga bisa dibuat menggunakan campuran tomat dan alpukat. Smash alpukat dan tomat digabungkan, dan kemudian oleskan ke area bermasalah. Biarkan selama sekitar lima belas menit lalu bilas dengan cermat. Ini membantu mengurangi minyak pada kulit Anda.

3. Membuat jus tomat
Ambil satu sendok makan jus tomat, dan campurkan dengan sekitar empat tetes air jeruk nipis di piring kecil. Ke daerah yang terkena kulit, oleskan campuran menggunakan bola kapas. Biarkan selama empat sampai lima menit kemudian bilas dengan air hangat.

Selamat mencoba!

Tags