19 June 2017 09:02 WITA

Banyak di Temukan di Es Buah, Ini Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Banyak di Temukan di Es Buah, Ini Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan
Biji selasih

RAKYATKU.COM - Biji selasih merupakan salah satu campuran dalam es buah, dan paling sering ditemukan selama bulan puasa.

Bukan tanpa alasan, biji selasih memang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka, karena mengandung serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, kalium dan vitamin.

BACA JUGA: Tips Menjalankan Puasa untuk Penderita Anemia

Di China, biji selasih sudah lama dimanfaatkan sebagai obat alami, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Biji yang diambil dari kemangi ini diyakini dapat meredakan demam, mengobati sakit karena gigitan serangga, menambah selera makan dan mengobati batuk.

Berikut manfaat lain dari biji selasih:

1. Mengatasi sembelit
Selama berpuasa, banyak orang yang mengalami gangguan pencernaan dan sembelit. Nah salah satu cara mencegah dan mengatasi hal ini adalah mengonsumsi biji selasih. Efek karminatif yang terdapat pada biji selatif berfungi menyembuhkan berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram, dan sembelit.

2. Mengobati batuk
Biji selasih mengandung antispasmodic, yang mampu membantu menyembuhkan batuk. Anda bisa memasukkan biji selasih dalam secangkir teh dan meminumnya selagi hangat. Hal ini diyakini dapat mengencerkan dahak.

3. Menguatkan imun
Biji selasih juga kaya flavonoid dan membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh. 

4. Menekan rasa lapar
Serat yang terkandung dalam biji selasih membuat kenyang lebih lama, tapi tetap menyehatkan usus karena menghambat konversi pati menjadi gula dan mengurangi penyerapan toksin dalam tubuh.