Rabu, 24 Mei 2017 11:12 WITA

Bayi 1 Tahun ke Atas Tidak Anjurkan Minum Susu Formula, Ini Alasannya

Editor: Suriawati
Bayi 1 Tahun ke Atas Tidak Anjurkan Minum Susu Formula, Ini Alasannya
Foto: Mediacorp

RAKYATKU.COM - Bayak orang tua yang memberikan susu formula pada buah hati mereka karena alasan kesehatan.

Namun, para ahli mengatakan bahwa manfaat kesehatan yang disebut-sebut ada dalam susu ini hanyalah "tipuan pemasaran." Itu karena nutrisi yang sama dapat ditemukan dalam makanan sehari-hari.

BACA JUGA: Mengejutkan! ASI Ternyata Bisa Melawan Kanker

Dilansir dari CNA, ahli diet anak-anak dari Singapore, Meave Graham  mengatakan bahwa beberapa nutrisi dalam susu formula seperti asam docosahexaenoic (DHA), taurin dan kolin dapat ditemukan dalam ASI dan makanan seimbang normal. "Anak-anak tidak memerlukan suplemen khusus untuk nutrisi ini," kata Graham.

Bayi 1 Tahun ke Atas Tidak Anjurkan Minum Susu Formula, Ini AlasannyaGraham menambahkan bahwa memberi susu formula justru bisa memperburuk kebiasaan makan anak. Ia juga menekankan bahwa susu formula tidak disarankan untuk anak di atas 12 bulan.

Dr Han Wee Meng, kepala Nutrisi dan Diet di Rumah Sakit Wanita dan Anak-anak KK (KKH) menambahkan bahwa susu formula untuk anak di atas 12 bulan dapat membuat mereka terlalu bergantung pada susu, yang dapat menghambat transisi makan makanan lain.

Loading...

"Susu formula mungkin terasa seperti pilihan yang lebih mudah bagi orang tua... Namun hal ini dapat terus berlanjut dalam mengatasi kesulitan menyusui, karena anak tersebut memiliki kesempatan terbatas untuk belajar dan mempraktikkan keterampilan makan yang diperlukan," kata dr. Han.

BACA JUGA: Jangan Pernah Panaskan ASI Beku, Ini Alasannya!

Dr Chua Mei Chien, kepala Departemen Neonatologi KKH, menambahkan bahwa bayi yang sehat dan memiliki asupan susu formula yang berlebihan dapat menjadi obesitas. Ini membawa dampak negatif pada kesehatan jangka panjang, di mana anak memiliki risiko lebih tinggi terkena kondisi metabolik seperti obesitas, diabetes dan penyakit jantung saat dewasa.

Ahli diet senior di National University Hospital, Charlotte Lin menambahkan bahwa anak-anak di atas usia satu tahun membutuhkan nutrisi yang serupa dengan orang dewasa namun dalam porsi lebih kecil. Ini termasuk makronutrien seperti kalori dan protein, dan nutrisi mikronutrien seperti zat besi, seng dan kalsium.

Loading...
Loading...