Rabu, 24 Mei 2017 08:44 WITA

Polusi Udara Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur

Editor: Suriawati
Polusi Udara Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur
Polusi udara bisa menyebabkan gangguan tidur

RAKYATKU.COM - Selain mempengaruhi fungsi pernapasan dan paru-paru, tingkat polusi udara juga bisa menyebabkan gangguan tidur, menurut penelitian.

Temuan ilmuwan di University of Washington menunjukkan bahwa polusi udara dari lalu lintas yang dikenal sebagai nitrogen dioksida (NO2) menyebabkan efisiensi tidur rendah.

BACA JUGA: Polusi Udara Tewaskan 500 Ribu Lebih Anak Tiap Tahunnya

"Studi tersebut mengindikasikan kemungkinan tingkat polusi udara yang biasa dialami tidak hanya mempengaruhi penyakit jantung dan paru-paru, tapi juga kualitas tidur," kata penulis utama Martha E. Billings, MD, MSc, asisten profesor kedokteran di University of Washington.

"Efeknya mungkin karena polusi udara menyebabkan iritasi saluran napas bagian atas, pembengkakan dan kongesti, dan juga dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan area otak yang mengendalikan pola pernapasan dan tidur," kata Billings.

Loading...

Polusi Udara Bisa Menyebabkan Gangguan TidurBillings menambahkan, kurang tidur dapat mengakibatkan, depresi, masalah jantung, obesitas dan pengurangan drastis pada kesehatan umum seseorang.

"Meningkatkan kualitas udara bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tidur dan mungkin mengurangi disparitas kesehatan," kata Billings.

Dalam penelitian ini, tim menganalisis data dari 1.863 peserta dengan usia rata-rata 68 tahun. Penelitian ini dipresentasikan pada ATS 2017 International Conference.

Loading...
Loading...