Minggu, 21 Mei 2017 07:00 WITA

Rajin Berkeringat Bisa Cegah Penuaan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Rajin Berkeringat Bisa Cegah Penuaan

RAKYATKU.COM - Studi dari Brigham Young University membuat kesimpulan yang cukup mengembirakan. Proses penuaan bisa diperlambat bila rajin berkeringat atau berolah raga dengan intensitas tinggi.

Menurut peneliti, meskipun berusia 40 tahun, bukan berarti usia biologisnya juga 40 tahun. Misalnya sering kita temui orang yang tampak lebih muda dari usianya. 

Semakin aktif seseorang bergerak akan semakin lambat proses penuaan biologis yang terjadi, dikutip dari blogdokter.com.

Studi yang dipublikasikan dalam medical journal Preventive Medicine ini menyimpulkan, orang yang rutin melakukan olahraga fisik dengan intensitas tinggi memiliki telomere yang lebih panjang bila dibandingkan dengan orang yang malas bergerak.

Telomere adalah protein yang terdapat pada kromosom. Telomere ini ibarat jam biologis manusia dan mereka sangat berhubungan dengan usia. 

Setiap kali sel membelah maka ujung telomere akan memendek. Artinya, semakin tua kita maka panjang telomere akan semakin pendek.

Loading...

Menurut  Larry Tucker, seorang professor ilmu olahraga, orang dewasa yang rajin melakukan aktivitas fisik memiliki keuntungan panjang telomere 9 tahun lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang malas bergerak dan 7 tahun lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga. 

Orang dikatakan memiliki aktifitas fisik dengan intensitas tinggi bila melakukan olahraga fisik minimal 40 menit untuk pria dan minimal 30 menit untuk wanita.

Tucker menambahkan, untuk melihat perbedaan yang terjadi, seseorang harus melakukan aktifitas fisik dengan intensitas tinggi. Bila tidak maka perubahan yang terjadi tidak begitu terasa.

Sampel studi diambil dari data CDC’s National Health and Nutrition Examination Survey. Sebanyak 5.823 orang dewasa dianalisa panjang telomere-nya berikut aktivitas fisik yang dilakukan sepanjang 30 hari penelitian.

Loading...
Loading...