Senin, 15 Mei 2017 11:29 WITA

Sibuk? Daftar BPJS Lewat Telepon Saja!

Penulis: Nurhikmah
Editor: Almaliki
Sibuk? Daftar BPJS Lewat Telepon Saja!
FOTO: OPHIK/RAKYATKU.COM

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menjadi peserta JKN-KIS kini semakin mudah. Bagi masyarakat yang sibuk, dan tidak memiliki waktu luang untuk mengantre di kantor cabang BPJS, cukup mengambil ponselnya lalu menghubungi care center BPJS Kesehatan di 1500-400.

Jika sebelumnya, care center ini hanya memberikan layanan pengaduan dan konsultasi jarak jauh. Kali ini fungsinya ditingkatkan, sehingga mampu melayani pendaftaran dan perubahan data kepesertaan JKN-KIS.

"Layanan tersebut berlaku bagi kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri," kata Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar, Unting Wicaksono dalam konferensi pers yang digelar di KCU Makassar, Senin (15/5/3017).

Unting menjelaskan, sebelum memanggil ke nomor telpon care center, calon peserta baru JKN-KIS diharapkan mempersiapkan sejumlah data.

"Data yang akan ditanyakan petugas care center di antaranya, nomor kartu keluarga, NIK, nomor rekening bank BNI, BRI, Mandiri atau BTN, nomor ponsel, alamat rumah, dan alamat email. Alamat rumahnya harus dipastikan benar, karena kartu akan dikirim langsung ke alamat tersebut," jelas Unting.

Mengenai alur pendaftaran, Unting mengimbau agar masyarakat mendaftar saat dalam kondisi lapang atau tidak sakit, karena begitu mendaftar, ada sejumlah tahap yang harus dilewati hingga kartu JKN-KIS dinyatakan aktif.

"Setelah agen care center menyatakan pendaftaran lewat telepon selesai, nomer virtual account (VA) akan dikirim ke nomer ponsel atau alamat email. Setelah mendapat VA, peserta wajib membayar iuran pertama paling cepat 14 hari setelah mendaftar, dan paling lambat 30 hari. Kartu dapat digunakan setelah membayar iuran pertama, bukan pada saat menerima virtual account," kata Unting.

Unting melanjutkan, melalui care center ini, peserta yang telah terdaftar juga dapat memperbaharui datanya, seperti nama, tempat tanggal lahir, NIK, alamat, email , nomor telepon, kelas rawat inap, dan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

loading...

Sementara itu, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari mengatakan, perluasan layanan ini merupakan upaya BPJS kesehatan untuk meningkatkan kepesertaan, serta upaya dalam rangka peningkatan pelayanan dan kepuasan kepada peserta BPJS Kesehatan.

"BPJS kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan," katanya.

Andayani menambahkan, Tahun 2016, kepuasan peserta sudah cukup tinggi di angka 78,6 persen dan di tahun ini, BPJS Kesehatan menargetkan angka kepuasan bisa mencapai 80 persen. Oleh karenanya, berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut.

Selain pendaftaran melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, saat ini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan serta pendaftaran melalui PPOB dan mitra kerja BPJS Kesehatan.

Dia merincikan, hingga 5 Mei 2017, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 176.982.157 jiwa. BPJS Kesehatan juga telah bekerja sama dengan kurang lebih 20.766 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri atas 9.825 Puskesmas, 5.279 Klinik Pratama, 4.504 Dokter Praktik Perorangan, 1.143 Dokter Gigi Praktik Perorangan, dan 15 RS Tipe D Pratama.

Selain itu, BPJS Kesehatan juta telah bermitra dengan 5.337 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang mencakup 2.135 Rumah Sakit (termasuk di dalamnya Klinik Utama), 2.216 Apotek, dan 986 Optik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Loading...
Loading...