Minggu, 07 Mei 2017 05:30 WITA

Bisakah Penderita Diabetes Mengonsumsi Popcorn?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bisakah Penderita Diabetes Mengonsumsi Popcorn?

RAKYATKU.COM -  Popcorn menjadi camilan bagi kebanyakan orang, tergantung cara pembuatannya. Apalagi saat bersantai, baik itu menonton film ataupun berkumpul bersama keluarga.

Dengan kandungan kalori dan seratnya yang cukup rendah, popcorn sering menjadi camilan untuk para pelaku diet. Namun penderita diabetes cukup khawatir akan lingkar pinggang mereka saat mengemil makanan ini.

Dikutip dari Medical News Today, Sabtu (6/5/2017), penderita diabetes bisa makan popcorn tapi perlu memilih dengan hati-hati jenis popcorn,  bagaimana cara dimasak, dan berapa banyak yang mereka makan. Sebab kandungan karbohidrat popcorn tinggi.

Popcorn menawarkan sedikit kalori. Selain itu, secangkir popcorn berisi 1 gram (g) lebih serat. Ini juga mengandung sekitar 1 g protein dan sekitar 6 g karbohidrat .

Selain itu, popcorn mengandung kolesterol nol dan hampir bebas lemak, jauh lebih kecil dari 0,5 g per cangkir. Total kalori dalam porsi 5 gelas antara 100-150.

Popcorn memenuhi syarat sebagai makanan whole grain. Satu porsi dapat menyediakan sekitar 70 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk gandum utuh.

Popcorn penuh dengan vitamin dan mineral. Satu porsi popcorn mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk Vitamin A, E, B6, Asam pantotenat, Folat, Thiamin, Niacin, dan Riboflavin.

loading...

Satu porsi popcorn juga mengandung zat besi dan trace manganese, kalsium, fosfor, tembaga, magnesium, potassium, dan seng.

Lambung atau cangkang popcorn adalah sumber dari banyak nilai nutrisinya. Shell mengandung beta-karoten , lutein, dan zeaxanthin, yang penting untuk menjaga kesehatan mata.

Shell juga mengandung polifenol dengan antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker dan kardiovaskular.

Periset telah menyatakan bahwa popcorn mengandung hingga 300 miligram polifenol per porsi. Tingginya jumlah polifenol ini lebih dari 60 persen dari jumlah yang diberikan oleh buah dan sayuran dalam makanan Amerika rata-rata.

Namun, manfaat popcorn paling besar saat popcorn muncul. Mirip dengan salad dan kentang, manfaat kesehatan ini sering dikurangi dengan menambahkan terlalu banyak garam, mentega, minyak, dan bumbu lainnya atau topping.

Loading...
Loading...