20 April 2017 16:44 WITA

Jangan Lapisi Tepi Toilet Dengan Tissu! Ini Alasannya

Editor: Suriawati
Jangan Lapisi Tepi Toilet Dengan Tissu! Ini Alasannya
INT

RAKYATKU.COM - Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan menutupi tepi toilet dengan gulungan tissu untuk alasan kebersihan. Beberapa orang berpikir cara itu berfungsi seperti lapisan pelindung dan mencegah bakteri dan mikroorganisme agar tidak bersentuhan dengan kulit.

Tapi, para ahli mengklaim bahwa langkah ini justru bisa meningkatkan kemungkinan Anda terkena bakteri dan kuman. Perlu dicatat bahwa bakteri lain bisa saja bersarang di dalam tissu, kenop pintu dan bahkan pengering tangan.

BACA JUGA: Ini Bahayanya Jika Tidur Saat Masih Marah

Permukaan kertas toilet juga sangat menguntungkan bagi bakteri untuk bertahan. Itulah mengapa Anda tidak boleh menggunakannya untuk menyeka wajah, hidung atau bagian tubuh lainnya, karena kuman bisa masuk ke tubuh Anda jika Anda melakukannya.

Sebaliknya, kursi toilet telah dirancang sedemikian rupa untuk menjauhkan kuman. Permukaan toilet yang mulus dan tepi yang melengkung bertujuan untuk mencegah kuman tinggal di sana.

Jika memang toilet terlalu kotor, maka hindari menggunakannya, karena tissu saja tidak bisa menyelamatkan Anda.

Selain itu untuk menghindari kuman, cuci tangan Anda dengan air panas dan sabun selama setengah menit setelah menggunakan toilet.