Selasa, 11 April 2017 19:02 WITA

Waspada! Cat Kuku Bisa Menyebabkan Kemandulan

Editor: Suriawati
Waspada! Cat Kuku Bisa Menyebabkan Kemandulan
INT

RAKYATKU.COM - Apakah Anda tahu bahwa cat kuku bisa menyebabkan masalah kesehatan serius?

Penelitian dari Duke University dan Environmental Working Group telah menemukan bahwa bahan kimia yang ada dalam cat kuku bisa memasuki aliran darah, dua jam setelah diaplikasikan.

BACA JUGA: Waspada! Ini Bahan-Bahan Kosmetik yang Harus Dihindari

Bahan kimia yang dimaksud adalah Triphenyl Phosphate atau TPHP. Ini pada dasarnya bertujuan untuk membuat cat kuku lebih fleksibel dan tahan lama. Bahan ini juga digunakan untuk membuat plastik dan untuk mencegah furnitur busa terbakar.

Menurut peneliti, penggunaan bahan kimia ini bisa menyebabkan infertilitas, kanker terkait hormon seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker prostat serta gangguan tiroid, masalah neurologis, diabetes dan obesitas.

Loading...

Waspada! Cat Kuku Bisa Menyebabkan KemandulanDalam studi ini, peneliti menguji urine dari 26 peserta sebelum dan setelah mereka menggunakan cat kuku yang mengandung 1 persen TPHP.

Dua sampai enam jam setelah menggunakan cat kuku, 24 peserta memiliki peningkatan difenil fosfat atau DPHP (bahan kimia yang menunjukkan TPHP telah diproses dalam tubuh). Dan 10 sampai 14 jam setelah mencat kuku, setiap peserta memiliki tingkat DPHP hampir tujuh kali lebih banyak.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Environment International.

Loading...
Loading...