Senin, 03 April 2017 08:01 WITA

Tips Menjaga Kesehatan Otak

Editor: Jumardin Akas
Tips Menjaga Kesehatan Otak

RAKYATKU.COM - Para ilmuwan hingga saat ini belum bisa mengungkap rahasia di balik otak manusia.

Mereka juga belum bisa menjelaskan fungsi otak secara keseluruhan serta bagaimana kinerja otak sesungguhnya.

Otak kita mengkonsumsi 20% oksigen dan 17% energi dari tubuh dan mengandung lebih dari 160.000 km pembuluh darah. Saat anda terbangun, otak menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk menyalakan sebuah lampu bohlam. 

Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang pikirkan, otak sebenarnya bekerja jauh lebih aktif ketika seseorang sedang tidur.

Nah, bagian tubuh yang satu ini juga penting untuk dijaga. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan ota:

1. Seleksi Makanan dan Minuman

Ternyata, makanan yang baik untuk jantung dan organ lainnya juga baik untuk otak. Ini berlaku juga pada apa yang anda minum. Otak terdiri dari 75% air, dan oleh karena itu otak harus tetap terhidrasi dengan baik. Jadi, perbanyak minum air dan hindari minuman yang merusak fungsi otak, misalnya alkohol. 

2. Pastikan untuk terus Berolahraga

Olahraga bisa meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain meningkatkan kadar oksigen didalam darah, aerobik secara rutin bisa meningkatkan kapasitas otak dengan cara mendukung pertumbuhan neuron baru dan memperkuat hubungan antar neuron tersebut.

3. Latih Otak

Konsep yang berlaku pada otak sama dengan yang berlaku pada otot: gunakan atau hilang. Untuk menjaga otak berfungsi dengan baik seiringan dengan tubuh anda yang semakin tua, anda harus terus memberikan tantangan pada otak. 

Penelitian menunjukkan bahwa cara terbaik untuk memberikan tantangan tersebut adalah dengan terus-menerus mempelajari hal baru serta melakukan rutinitas dengan cara yang berbeda atau baru. 

4. Perhatikan Berat Badan

Obesitas dan kelebihan berat badan adalah wabah dunia sekarang. Dalam berbagai penelitian, keduanya dengan sangat meyakinkan memiliki kaitan erat dengan menurunnya fungsi otak dan perkembangan penyakit Alzheimer.

5. Kebiasaan Tidur Anda

Otak melakukan proses penting seperti pembuangan limbah dan proses detoksifikasi (pembuangan racun dalam tubuh) pada saat tidur. Jika anda kurang tidur, berarti anda menyakiti otak anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan tidur seperti insomnia dan apnea tidur berkaitan dengan penurunan tingkat kefokusan (kemampuan untuk berkonsentrasi) dan kewaspadaan mental.

6. Meditasi

Sejumlah penelitian klinis secara mengejutkan menunjukkan bahwa meditasi dengan metode tertentu bisa mengubah struktur otak, menyebabkan pertumbuhan neuron baru, dan mengaktifkan area-area otak yang sebelumnya tidak digunakan. 

Meditasi tampaknya memiliki kemampuan untuk mendorong plastisitas otak, sebuah syarat penting yang memungkinkan otak terus berubah dan berkembang. 

Tags