25 March 2017 18:22 WITA

5 Tips Sederhana Mengatasi Stres

Editor: Mulyadi Abdillah
5 Tips Sederhana Mengatasi Stres
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Aktivitas dan kesibukan sehari-hari kadang membuat kita merasa stres. Walau mungkin terbiasa mengalaminya, ada baiknya jika mengurangi level stres dari pekerjaan atau aktivitas sehari-hari demi kesehatan.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips sederhana untuk mengurangi stres sehari-hari:

Singkirkan ‘kekacauan’ di ruangan kamu

Apakah kamu dikelilingi terlalu banyak barang di ruang kerja kamu? Atau, mungkin kamar tidur kamu sudah lama tak dibersihkan sehingga terlihat berantakan? Nah, memiliki terlalu banyak barang bisa membuat kamu merasa kewalahan, yang pada akhirnya bisa menimbulkan stres. Hidup dalam lingkungan yang berantakan juga bisa menimbulkan kecemasan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk membenahi ruangan tempat kamu beraktivitas dan beristirahat untuk mengurangi level stres. Namun, jika ingin merapikannya, mulailah dengan barang-barang kecil dan secara bertahap merapikan barang yang lebih besar. Sebuah ruangan yang rapi dapat memberikan kamu perasaan puas dan menenangkan.

Lakukan pekerjaan rumah tangga, dengan sedikit berbeda

Mungkin ini kedengaran sebagai hal yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Namun, cobalah untuk melakukannya dengan sedikit berbeda. Misalnya, pertama-tama buat daftar semua hal yang perlu dibereskan, lalu pasang musik favorit kamu, dan mulailah beres-beres. Tak hanya membakar kalori dan mendapatkan kepuasan, kamu pun tak akan merasa lelah dan stres setelah menuntaskan pekerjaan rumah kamu.

Minum jus yang kaya vitamin C

Para peneliti mengatakan bahwa vitamin C dalam jus jeruk benar-benar dapat membantu kamu mengelola stres lebih baik, karena bisa menurunkan kadar hormon stres seperti kortisol. Selain itu, mengonsumsi minuman atau makanan yang kaya vitamin C seperti jus jeruk, stroberi, atau paprika merah yang manis juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Bernyanyilah yang keras

Kapan terakhir kali kamu bernyanyi dengan keras, dari lubuk hati kamu yang paling dalam? Coba setel lagu favorit kamu dan bernyanyilah tanpa ragu. Tidak peduli seberapa buruk kamu pikir suara kamu itu, studi menunjukkan bahwa bernyanyi dengan segenap hati dapat benar-benar membuat kamu merasa lebih bahagia dan mengurangi stres. Bernyanyi juga memiliki manfaat lain bagi sistem pernapasan, jantung dan kekebalan tubuh lho.

Tarik napas dalam-dalam

Coba penuhi kamar kamu dengan aroma lavender atau rosemary, dan ambil nafas yang dalam. Ini akan langsung membuat perasaan kamu lebih santai dan menurunkan kadar hormon kortisol. Nah, jika kamu memilih untuk tidak menggunakan aroma, kamu bisa coba untuk berlatih pernapasan secara teratur. Ini akan membuat oksigen lebih mudah masuk ke aliran darah, sehingga akan membantu kamu menenangkan diri dan mengurangi stres. kamu juga bisa mencoba yoga dan berbagai teknik pernapasan lainnya.

Tags
tips