Kamis, 23 Maret 2017 17:07 WITA

Menempel di Smartphone, Alat ini Bisa Deteksi Kesuburan Pria

Editor: Suriawati
Menempel di Smartphone, Alat ini Bisa Deteksi Kesuburan Pria
Analyzer bisa deteksi kesuburan pria dengan memindai sperma

RAKYATKU.COM - Ilmuan berhasil mengembangkan sebuah alat yang bisa memeriksa kesuburan pria dengan akurasi 98 persen.

Alat ini dinamai Analyzer, berupa perangkat kecil yang menempel pada smartphone. Untuk menentukan kesuburan, Analyzer akan memanfaatkan kamera smartphone untuk merekam video sperma berenang.

BACA JUGA: Ilmuan Temukan Alat Kontrasepsi Baru untuk Pria

Alat ini dapat memberikan penilaian yang akurat dari jumlah sperma pria, serta tingkat konsentrasi dan mobilitas sperma. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Translational Medicine, tes telah menunjukkan bahwa alat ini 98 persen akurat.

"Kami ingin datang dengan solusi untuk membuat pengujian infertilitas pria yang sederhana dan terjangkau sebagai tes kehamilan di rumah," kata Dr Hadi Shafiee, dari Rumah Sakit Brigham di AS.

loading...

Menempel di Smartphone, Alat ini Bisa Deteksi Kesuburan Pria"Tes ini murah, kuantitatif, sangat akurat dan dapat menganalisis video dari sampel sperma dalam waktu kurang dari lima detik."

Perangkat ini juga bisa digunakan oleh orang-orang yang telah menjalani vasektomi - untuk memastikan operasi itu berhasil.

Untuk saat ini Analyzer belum tersedia secara komersial, dan harus disertifikasi di AS oleh Badan Pemeriksa Obat dan Makanan.

Loading...
Loading...