Kamis, 23 Maret 2017 07:00 WITA

Atasi Jerawat Batu dengan 5 Jurus Ampuh Ini

Editor: Vkar Sammana
Atasi Jerawat Batu dengan 5 Jurus Ampuh Ini

RAKYATKU.COM - Jerawat selalu jadi masalah klasik bagi sebagian orang. Jerawat biasa muncul saat remaja, ada yang kemudian menghilang seiring bertambahnya usia, ada juga yang menetap hingga dewasa. Jerawat yang membandel sering disebut dengan jerawat batu. Tanda-tanda jerawat batu di antaranya berukuran  besar, kemerahan dan dipenuhi nanah. 

Jerawat timbul akibat dari tersumbatnya pori pori kulit oleh sel sel kulit mati, terkadang bakteri pun ikut, sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Sedangkan jerawat batu, menginfeksi ke lapisan kulit yang lebih dalam, tidak hanya di area wajah, jerawat jenis ini juga bisa muncul di punggung, dada, dan pundak.

Penyebab Jerawat Batu 
Ada lima faktor penyebab jerawat batu, yaitu:  

1. Jenis kulit berminyak. Tipe kulit ini  sangat rentan ‘dihinggapi’  jerawat batu. Maka itu,  perhatikan jenis pembersih kulit Anda. Pastikan produk yang Anda gunakan, sesuai untuk jenis kulit berminyak untuk mencegah minyak berlebih.

2. Faktor hormonal. Ketika Anda berada pada masa pubertas , produksi androgen-hormon yang memproduksi sebum (zat minyak pada permukaan kulit) akan meningkat. Hormon ini juga akan meningkat pada masa menstruasi/ haid, seiring dengan hormon esterogen pada wanita.

loading...

3. Gaya hidup tidak sehat. Merokok  akan menyempitkan pembuluh darah dan merusak sel sel kulit sehingga terjadi penumpukan sel sel kulit mati yang menyebabkan sumbatan pada pori pori kulit. Sumbatan pada pori pori kulit ini akan menjadi cikal bakal terjadi jerawat batu di kemudian hari.

4.Kurangnya waktu istirahat. Beberapa penelitian menyebutkan, tidur di atas pukul 10 malam memperburuk kondisi kulit karena di waktu tersebut sel kulit seharusnya beregenerasi. Oleh sebab itu, biasakan untuk istirahat yang teratur dan cukup setiap harinya.

5.Faktor kosmetik. Pemakaian kosmetik yang berlebihan dan tidak sesuai dengan jenis kulit dapat  menimbulkan masalah pada kulit termasuk jerawat batu. Pasalnya bekas riasan akan menyumbat pori pori kulit, sehingga bisa memperparah kondisi jerawat batu.  

Tags
Loading...
Loading...