Selasa, 28 Februari 2017 14:47 WITA

Muhammadiyah Bentuk Kader Pencegah HIV dan TBC di Enrekang

Penulis: Aris Awan
Editor: Andi Chaerul Fadli
Muhammadiyah Bentuk Kader Pencegah HIV dan TBC di Enrekang

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Ada sekitar 20 warga Kabupaten Enrekang yang positif terjangkit HIV AIDS berdasarkan hasil deteksi pemerintah setempat di tahun 2016. Juga sekitar 180 warga terkena Tubercolosis (TBC).

Untuk itu, Aisyah Sub Sub Recipient (SSR) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menggelar pelatihan kader TBC-HIV di aula Hotel Sabindo, Selasa (28/2/2017). Para calon kader yang hadir dikumpulkan dari 12 kecamatan di Enrekang. 

"Program Aisyah mulai diaktifkan sejak 2016 di Enrekang, sigap mendeteksi kedua penyakit tersebut demi mencegah dan mengurangi angka penderitanya di Enrekang," ujar anggota SSR Aisyah Enrekang, Muhammad Mursalim.

Nantinya, para peserta kegiatan akan dibimbing selama enam hari. Sebelum mereka akhirnya diterjunkan ke wilayah masing-masing.

loading...

Wakil Supervisor TBC Dinas Kesehatan Enrekang, Ashar Nur mengapresiasi organisasi sayap Muhammadiyah itu. "Memberikan pengajaran terkait pengenalan penyakit TBC dan tanda gejalanya, serta bagaimana pencegahannya. Sangat terbantu pemerintah," jelas dia.

Rencananya para kader yang nantinya dikukuhkan dan langsung diturunkan pada 6 Maret 2017. Kader yang bekerja maksimal, dijanjikan bonus dari Aisyah.

Tags
Loading...
Loading...