Senin, 20 Februari 2017 08:55 WITA

Apa Itu Pati Resisten dan Apakah Bagus Untuk Kesehatan?

Editor: Suriawati
Apa Itu Pati Resisten dan Apakah Bagus Untuk Kesehatan?
Pisang mengandung pati resisten

RAKYATKU.COM - Pernah mendengar tentang pati resisten? Ini adalah jenis pati yang tidak bisa diserap. Namun bakteri dalam usus mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek (SCFA). 

Jadi, pada dasarnya pati resisten tahan terhadap pencernaan, namun bakteri dalam usus memfermentasinya. Hal ini menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan. 

BACA JUGA:

Makanan kaya pati resisten bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Karena pati resisten tidak dikonversi menjadi gula darah, makan makanan yang mengandung pati ini bisa menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Apa Itu Pati Resisten dan Apakah Bagus Untuk Kesehatan?Pati resisten juga baik untuk sistem pencernaan Anda. Masalah seperti gangguan pencernaan, sembelit dan sindrom iritasi usus besar dapat dicegah.

loading...

Makanan kaya pati resisten juga meningkatkan imunitas, dan juga membawa lebih sedikit kalori per gram. 

Pati resisten dapat ditemukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, pisang dan sayuran bertepung lainnya. Tapi perlu dicatat bahwa ketika Anda memanaskan makanan bertepung, maka pati resisten di dalamnya akan berkurang.

Apa Itu Pati Resisten dan Apakah Bagus Untuk Kesehatan?Selain itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 40 gram pati resisten sehari, meskipun itu baik untuk kesehatan Anda. Karena itu akan memberikan perasaan kembung dan juga dapat menyebabkan diare.

Loading...
Loading...