Jumat, 17 Februari 2017 07:30 WITA

Kunyit Ampuh Redakan Hidung Tersumbat

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Kunyit Ampuh Redakan Hidung Tersumbat
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, kita tentu akan lebih mudah untuk terkena berbagai masalah kesehatan layaknya hidung tersumbat. 

Banyak orang yang merasa terganggu aktifitasnya gara-gara mengalami masalah hidung tersumbat ini. Bagaimana tidak, masalah hidung tersumbat ini bisa membuat susah bernafas sekaligus menurunkan nafsu makan.

Pakar kesehatan menyebutkan jika hidung tersumbat adalah gejala dari adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh pilek, sinusitis, atau masalah kesehatan lainnya. 

Karena infeksi ini, maka rongga hidung mengalami peradangan dan akhirnya membuat produksi lendir pun bertambah. Banyaknya lendir pada rongga hidung inilah yang memicu tersumbatnya hidung kita dan memaksa kita bernafas melalui mulut. Yang menjadi masalah adalah, bernafas dengan mulut bisa membuat mulut menjadi lebih kering dan bahkan bisa memicu sakit tenggorokan.

Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah hidung tersumbat ini? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan ramuan kunyit yang ternyata cukup efektif melegakan pernafasan kita. 

Kita hanya perlu menyediakan dua sendok teh kunyit dan lima atau enam lembar daun basil. Kedua bahan ini tinggal kita masukkan dalam satu panci air dan kemudian dimasak hingga mendidih selama 10 menit sambil diaduk. Setelah itu, kita tinggal menyaring ramuannya dan dituangkan ke dalam cangkir. Untuk membuat hidung segera lega, kita bisa meminum ramuan ini setelah sarapan pagi selama 3 hari berturut-turut.

Menurut pakar kesehatan, kunyit memiliki kandungan curcumin yang bersifat anti bakteri sehingga mampu membunuh berbagai bakteri yang memicu infeksi pada rongga hidung. Kandungan curcumin ini juga mampu meredakan peradangan dan penyumbatan pada hidung.

Sementara itu, daun basil ternyata memiliki enzim khusus yang bersifat layaknya agen antiseptic alami yang akan membantu menurunkan peradangan. Enzim ini juga mampu menurunkan produksi lendir sehingga akan meredakan hidung tersumbat dengan cepat.