15 February 2017 14:44 WITA

79 Orang Tewas di Cina Akibat Flu Burung Selama Januari

Editor: Suriawati
79 Orang Tewas di Cina Akibat Flu Burung Selama Januari
Foto: Cina

RAKYATKU.COM - Flu burung H7N9 di Cina telah menewaskan 79 orang pada bulan Januari. Angka ini jauh melebihi jumlah kematian dalam beberapa tahun terakhir dan memicu kekhawatiran tentang penyebaran virus mematikan di kalangan penduduk selama.

Dalam sebuah laporan yang dirilis Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Nasional pada hari Selasa (14/02), sudah ada 100 orang meninggal karena flu burung sejak Oktober 2016. 

BACA JUGA:

Komisi itu menambahkan bahwa data menunjukkan, 192 orang terinfeksi flu burung bulan lalu, dan 306 selama periode Oktober-Januari.

Ahli pengendalian penyakit Cina telah memperingatkan masyarakat untuk tetap waspada pada flu burung H7N9. Terutama karena virus ini biasanya menyerang di musim dingin dan musim semi. Sekarang banyak kota-kota besar di Cina telah menutup beberapa pasar unggas setelah beberapa orang dan ayam terinfeksi strain flu burung.

Cina telah mengkonfirmasi lima wabah flu burung pada unggas musim dingin ini, yang telah menyebabkan pemusnahan pada lebih dari 175.000 burung.

Menurut data pada tahun 2013, wabah flu burung di Cina menyebabkan kerugian lebih dari $ 6 miliar (sekitar Rp73 triliun) dalam sektor pertanian.