Selasa, 14 Februari 2017 07:30 WITA

Alasan Mengapa Minum Sambil Berdiri Itu Tak Baik

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Alasan Mengapa Minum Sambil Berdiri Itu Tak Baik
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Kita tentu sering mendengar saran dari pakar kesehatan untuk selalu mencukupi kebutuhan air minum sehari-hari. Memang, mencukupi kebutuhan air minum adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, kebanyakan dari kita cenderung sembarangan dalam mengonsumsi air. 

Sebagai contoh, banyak dari kita yang masih suka minum dengan posisi berdiri. Padahal, hal ini bisa kurang baik bagi kesehatan tubuh. Apa sajakah aturan dalam mengkonsumsi air minum yang sebaiknya kita perhatikan?

Tahukah anda jika dengan minum air putih sambil berdiri, maka air akan segera memasuki lambung dengan cepat? Hal ini ternyata bisa membuat nutrisi dari air tidak benar-benar terserap dengan tubuh secara sempurna. 

Andai kerap dilakukan, hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan layaknya arthritis, masalah pada ginjal, atau bahkan masalah asam lambung. Karena alasan inilah pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk minum dengan posisi duduk. 

Selain itu, ada baiknya kita tidak minum dengan terburu-buru. Minumlah dengan santai dan perlahan-lahan sehingga cairan alkalin alami dari air putih ini bisa tercampur dulu dengan air liur sehingga akan membuat asam di dalam perut cukup stabil. 

Jika kita meminumnya dengan terburu-buru, dikhawatirkan sistem pencernaan kurang tenang dan membuat perut menjadi sakit. Aturan lain yang sebaiknya kita perhatikan saat minum air putih adalah dengan tidak mengkonsumsi air yang terlalu dingin. 

Memang, minuman yang dingin sangatlah menyegarkan, namun, air dingin bisa membuat indera perasa terkejut sehingga cairan alami pada sistem pencernaan justru menghilang. Minumlah air putih yang suhunya sesuai dengan suhu ruangan saja yang lebih baik bagi kesehatan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu minum air putih 30 menit sebelum makan untuk mencegah masalah perut kembung dan membantu sistem pencernaan makanan dalam menyerap berbagai nutrisi dengan sempurna. 

Selain itu, minumlah dua air putih saat baru bangun tidur dan satu gelas air putih sebelum mandi. Dengan menaati aturan minum air putih ini, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat.