Senin, 13 Februari 2017 08:00 WITA

Lima Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Editor: Jumardin Akas
Lima Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tidur siang bukan hanya diperuntukkan bagi anak kecil. Namun juga perlu dilakukan bagi orang dewasa.

Studi membuktikan, tidur siang bermanfaat bagi kesehatan. Nyatanya, studi yang memberitakan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan, tidur siang bisa memperbaiki daya ingat.

Penelitian ini dilakukan dengan meminta individu untuk menyelesaikan teka-teki kata di pagi hari dan siang hari.

Selain berfungsi meningkatkan daya ingat, tidur siang memiliki lima manfaat lain seperti dilansir dari laman Glamour, Senin (13/2/2017).

1. Lebih cepat mempelajari informasi baru

Sebuah studi yang dipresentasikan dalam pertemuan American Association of the advancement of Science menemukan, individu yang tidur siang melakukan tes secara lebih baik pada pukul 6 sore ketimbang di siang hari. Sementara mereka yang tidak tidur siang, hasil tesnya lebih buruk. Semakin lama Anda terjaga, semakin ketajaman otak semakin berkurang. Tidur siang menghentikan dampak tersebut.

2. Mengurangi dampak buruk begadang

Studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan, inividu yang tidur siang dua setengah jam setelah hanya tidur malam dua jam menjadi berkurang kadar stresnya dan tak mudah sakit dibandingkan mereka yang kurang tidur namun tidak tidur siang. Begadang bukanlah ide baik, tapi jika Anda terpaksa harus begadang, sempatkanlah untuk tidur siang keesokan harinya untuk mengurangi efek buruk begadang.

3. Menjadikan tubuh bugar

Studi yang tercantum dalam jurnal SLEEP menunjukkan, kurang tidur berujung pada keinginan makan junk food. Studi lain yang dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan, kehilangan waktu tidur selama beberapa jam setiap malam meningkatkan risiko bertambahnya berat badan. Pastikan Anda mendapat kecukupan tidur, entah pada siang atau malam hari. Hal itu akan membantu Anda mempertahankan bobot tubuh ideal.

4. Membuat lebih kreatif

Menurut penelitian yang ditampilkan dalam Annual Meeting of Neuroscientists, hemisfer kanan otak yang bertanggungjawab akan kreativitas menjadi lebih aktif dan semakin terkoneksi dengan bagian otak lainnya saat tidur siang. Peneliti berpendapat, hal ini bisa menjelaskan kenapa terkadang kita mudah menemukan jawaban atau solusi atas suatu permasalahan setelah tidur siang.

5. Meningkatkan mood

Sejumlah studi yang dianalisis dalam Journal of Sleep Research mendapati tidur siang tak hanya membuat Anda lebih terjaga dan terhindar dari pikiran berkabut, melainkan juga menjadikan Anda lebih bahagia