Senin, 30 Januari 2017 20:53 WITA

Hebat! Dinkes Parepare Punya Program PWS, Ini Maksudnya

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Hebat! Dinkes Parepare Punya Program PWS, Ini Maksudnya

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare, intens menggerakkan program Pemantauan Wilayah Setempat (PWS). Program ini untuk memberikan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) kepada masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr Muhammad Yamin, Senin (30/1/2017).

Yamin memaparkan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap realisasi program tersebut akan diperketat Sehingga, semua pelayanan kepada masyarakat bisa berjalan maksimal.

"Kami akan berupaya supaya masyarakat bisa merasakan langsung kerja-kerja dari petugas yang telah diamanahkan untuk menangani masalah masyarakat. Khususnya di bidang kesehatan," terangnya.

Terpisah, secara Teknis Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinkes Parepare, Anita, mengatakan, program PWS dilaksanakan dengan menggerakkan tenaga di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Tugasnya  melakukan pendataan berdasarkan acuan Kartu Keluarga (KK) sebanyak 100. Untuk setiap satu wilayah Rukun Warga (RW).

"Nantinya, petugas memilah KK yang memilih kasus penyakit dan idemtifikasi untuk selanjutnya dicatat dan dibawa ke Puskesmas. Selanjutnya, menyerahkan ke masing-masing yang punya program," katanya.

Hebat! Dinkes Parepare Punya Program PWS, Ini Maksudnya

Anita menjelaskan, petugas yang bersangkutan, selanjutnya memberikan movitasi dan penyuluhan kepada pasien. Supaya, kata dia, pasien mau untuk berobat.

"Jadi petugas mengunjungi pasien maksimal empat kali kunjungan. Sebagai indikator kinerja, kita juga siapkan form bagi petugas sebagai bahan rekapitulasi terhadap hasil penanganan selama mereka turun ke lapangan," urainya.