Minggu, 22 Januari 2017 05:00 WITA

Selain Air Putih, Minuman Ini Bisa Buat Anda Terhindar dari Dehidrasi

Editor: Vkar Sammana
Selain Air Putih, Minuman Ini Bisa Buat Anda Terhindar dari Dehidrasi

RAKYATKU.COM - Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa terjadi pada setiap orang. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 6 sampai 8 gelas setiap harinya. Namun, banyak dari Anda yang mungkin tidak terlalu suka mengonsumsi air putih. 

Lalu, bagaimana menjaga tubuh agar tidak dehidrasi jika tidak suka air putih? Berikut beberapa minuman yang dapat mencegah dehidrasi untuk Anda yang tidak menyukai air putih,

1.Jus Semangka 
Jus semangka membantu meringankan nyeri otot pasca latihan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa L-citrulline (semangka kaya akan asam amino ini) membantu mengurangi denyut jantung pemulihan dan nyeri otot. 

Carilah jus semangka di toko makanan kesehatan, tetapi periksa kembali dan pastikan bahwa itu bukan minuman semangka dengan perasa dan banyak tambahan gula. Lebih baik lagi, jika Anda membuat sendiri di rumah.

2.Jus Tomat 
Jus tomat kaya akan lycopene, antioksidan alami yang melindungi kesehatan jantung dan membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tambahkan air jika Anda merasa terlalu banyak serat.

Loading...

3.Jus Ceri 
Jus ceri dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine. Seperti jus semangka, carilah jus kemasan yang tidak memiliki banyak tambahan gula, atau buatlah sendiri dirumah dan encerkan dengan air seperti yang diinginkan.

4.Susu 
Susu sama seperti air, sama-sama menghindarkan Anda dari dehidrasi, meningkatkan sintesis protein otot dan daya tahan saat berolahraga, menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of International Society of Sports Nutrition.

Namun, tetap usahakan untuk mengkonsumsi air mineral. Jika Anda tidak menyukai rasa dari air mineral yang tawar, tambahkan potongan lemon, stroberi, atau daun mint ke dalam air. Hal itu, dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Loading...
Loading...