14 January 2017 03:00 WITA

Sisi Lain Minuman Beralkohol

Editor: Almaliki
Sisi Lain Minuman Beralkohol

RAKYATKU.COM - Mengonsumsi minuman beralkohol memang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, siapa sangka kalau kalau mengonsumsi minuman beralkohol mampu membuat minat untuk mengonsumsi makanan tidak sehat, meningkat?

Alkohol ternyata bisa merangsang bagian otak untuk makan lebih aktif. Dari sana, akan timbul kecenderungan melahap burger, pizza, kebab, hingga biskuit.

Denis Burdakov yang berasal dari Francis Crick Institute, London, peneliti utama dari studi ini, melakukan percobaan dengan tikus, di mana para tikus ini diberi minuman beralkohol dengan tujuh pint.

Setelah dicek kondisi otaknya, peningkatan rasa lapar bagi tikus terbukti meningkat. Setelah diberi obat-obatan, barulah tikus ini mau berhenti mengonsumsi makanan.

Hal ini pun menjelaskan kalau banyak penyuka minuman beralkohol cenderung makan berlebih dan memiliki berat badan berlebihan. Fakta lain, penyakit hati, penyakit jantung, kanker, hingga diabetes tipe 2 gampang menyerang. Dari sini, masih ingin mengonsumsi minuman beralkohol?