Rabu, 11 Januari 2017 14:41 WITA

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Editor: Suriawati
Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

RAKYATKU.COM - Kita semua mangga mungkin menyukai mangga, entah itu mentah maupun masak. Tapi, bagaimana dengan daunya? Ternyata dau mangga memiliki banyak manfaat kesehatan

Daun mangga kaya vitamin C, B dan A dan berbagai nutrisi lainnya. Daun mangga memiliki sifat antioksidan kuat karena mengandung flavonoid dan fenol yang tinggi.

baca juga: Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Berikut manfaat daun mangga untuk kesehatan:

1. Mengobati diabetes
Daun mangga juga mengandung tanin yang disebut anthocyanidins. Ini membantu dalam mengobati diabetes awal. Untuk mendapatkan manfaatnya, rendam daun dalam secangkir air selama semalam. Saring dan minum airnya di pagi hari. 

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan2. Mengatasi kegelisahan
Untuk orang yang menderita kegelisahan, daun mangga menjadi alternatif terbaik untuk mengatasinya. Caranya, tambahkan dua atau tiga gelas daun mangga ke bak mandi, lalu berendam di dalamnya.

3. Mengatasi masalah pernapasan
Daun mangga menyediakan manfaat utuk orang yang menderita bronkitis dan asma. Caranya, rebus daun mangga dalam air, dan tambahkan sedikit madu. Saring airnya lalu minum.

4. Nyeri Telinga
Ahli kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengurek terlalu sering. Untuk itu, ketika Anda mengalami nyeri telinga, buatlah sari daun mangga dan jadikan sebagai obat tetes telinga. Disarankan untuk menghangatkan cairan ini sebelum menggunakannya.

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan5. Menyembuhkan luka bakar
Untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit, bakar segenggam daun mangga hingga menjadi abu. Terapkan abu ini pada area yang terkena. Ini akan memberikan bantuan instan.

6. Mengatasi cegukan 
Jika Anda menderita cegukan atau masalah tenggorokan, daun mangga adalah obat rumah yang tepat. Bakar beberapa lembar daun mangga dan hirup asapnya.