Rabu, 11 Januari 2017 09:16 WITA

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Editor: Suriawati
Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat
INT

RAKYATKU.COM - Siapa pun yang pernah mengalami hidung tersumbat pasti tau bahwa itu sangat menggangu karena membuat kita sulit bernapas dan mudah lelah.

Hidung tersumbat bisa disebabkan alergi, pilek, atau flu. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa hidung tersumbat terjadi karena adanya penggumpalan lendir di saluran hidung. Tapi, ini sebenarnya disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

baca juga: Begini Cara Hindari Terkena Flu di Tempat Kerja

Saat hidung mengalami iritasi, sistem sarafnya juga terstimulasi, menyebabkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, semakin banyak darah yang mengalir ke dalam hidung. Kondisi itu menyebabkan pembengkakan di saluran hidung dan membuat Anda sulit bernapas.

Berikut cara meredakan hidung tesumbat tanpa menggunakan obat:

1. Sauna wajah
Bernapas di udara yang lembap bisa meredakan radang dan pembengkakan pembuluh darah dalam hidung. Cara melakukan sauna wajah adalah condongkan wajah Anda di atas mangkuk berisi air panas, hirup uap selama kurang lebih 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari sampai Anda merasakan perubahan.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat2. Kunyah bawang putih
Bawang putih mengandung antibakteri dan antijamur yang berfungsi sebagai penyembuh berbagai masalah kesehatan, termasuk hidung tersumbat akibat demam dan flu.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat3. Minum banyak air
Air hangat bisa membantu mengencerkan lendir di saluran hidung dan meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Anda juga bisa minum teh jahe dan madu hangat. Ini mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk meencarkan pernapasan.

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat4. Pijat hidung
Pijat kedua sisi batang hidung di dekat mata menggunakan jempol dan telunjuk kanan Anda. Di saat yang bersamaan, gunakan jari-jari tangan kiri untuk memijat tengkuk leher Anda.