10 January 2017 11:39 WITA

Gigi Berlubang? Obat ini Bisa Tumbuhkan Kembali Dentin Gigi

Editor: Suriawati
Gigi Berlubang? Obat ini Bisa Tumbuhkan Kembali Dentin Gigi

RAKYATKU.COM - Tak lama lagi kita bisa meninggalkan cara tradisional untuk menambal gigi. Itu karena ilmuan berhasil menemukan obat yang bisa membuat dentin gigi tumbuh kembali, mengisi lubang, hingga menjadikannya utuh.

baca juga: Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis

Peneliti di King College London mengatakan bahwa obat itu adalah Tideglusib, bisa merangsang dentin, bahan keras di bawah permukaan enamel gigi.

Obat ini telah diuji untuk digunakan pada pasien Alzheimer dan penyakit otak lain, seperti progresif supranuclear palsy (PSP). Tideglusib dimaksudkan untuk membantu sel-sel otak tumbuh kembali, tapi, sejauh ini terbukti tidak memiliki manfaat klinis baik pada Alzheimer maupun PSP. 

Akkhirnya, peneliti tertarik untuk melihat apakah obat ini bekerja pada gigi. Tes pada tikus menunjukkan bahwa ketika diterapkan secara langsung di dalam rongga gigi, obat akan menstimulasi pertumbuhan dentin. 

Metodenya dilakukan dengan memasukkan spons biodegradable yang telah direndam dengan obat ke dalam rongga gigi. Rongga kemudian ditutup dengan bahan yang terbuat dari senyawa kaca.

Seiring waktu dentin akan tumbuh kembali, tapi tutup kaca harus tetap tinggal karena obat tidak membantu enamel tumbuh kembali.

Karena obat ini telah lulus tes keamanan pada manusia, para ilmuwan percaya itu bisa digunakan dalam waktu tiga sampai lima tahun.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Nature