Selasa, 10 Januari 2017 04:00 WITA

Cegah Diabetes dengan Rajin Sarapan Pagi  

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Cegah Diabetes dengan Rajin Sarapan Pagi  
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Masyarakat Indonesia tergolong rentan terkena penyakit diabetes. Penyebab dari munculnya penyakit ini pun beraneka ragam. Dari yang dikarenakan memiliki riyawat keluarga penderita diabetes hingga karena gaya hidup yang buruk. 

Andai Anda termasuk yang tidak beruntung dimana ada anggota keluarga yang memiliki riyawat penyakit ini, anda tentu harus lebih baik dalam menjaga kesehatan agar tidak terkena diabetes tipe 2 yang berbahaya. Caranya? Tentu saja kita harus menjaga asupan gula harian agar tidak terlalu berlebihan.

Apakah hanya perlu mengurangi asupan gula saja? Pakar kesehatan ternyata menemukan cara lain untuk mencegah diabetes. Seperti dilansir doktersehat.com, cara tersebut adalah dengan selalu melakukan sarapan pagi. 

Baca Tips Kesehatan Lainnya:
*Ini Penyebab Upaya Diet Anda Selalu Gagal
*7 Jenis Buah untuk Mencegah Flu
*Tersenyumlah! Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan
Cegah Diabetes dengan Rajin Sarapan Pagi  

Meskipun terlihat tidak berkaitan, melalui hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Public Health Nutrition, pakar kesehatan menyebutkan jika mereka yang jarang melakukan sarapan pagi ternyata memiliki resiko 15 hingga 20 persen lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan mereka yang rutin melakukan sarapan pagi. 

Penelitian yang melibatkan 100 ribu partisipan ini mengungkapkan jika rutin melakukan sarapan akan membuat kadar gula darah tetap dalam kondisi yang seimbang sehingga insulin pun tidak akan bekerja dengan terlalu keras. Hal ini ternyata berperan besar dalam menurunnya resiko terkena diabetes.

Hanya saja, sarapan yang harus kita dapatkan tentu saja adalah sarapan yang sehat, bukannya sarapan yang asal-asalan dan mementingkan rasa kenyang saja. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi sarapan dengan kadar gizi yang seimbang dengan tidak melupakan sayuran dan buah-buahan.

Serta tidak hanya mementingkan asupan kalori atau lemak tinggi. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak mengkonsumsi sarapan dengan porsi yang berlebihan sehingga membuat perut kita kekenyangan dan terasa kurang nyaman.