07 January 2017 14:38 WITA

Bayi Berkepala Terbesar di Dunia Sukses Menjalani Operasi

Editor: Suriawati
Bayi Berkepala Terbesar di Dunia Sukses Menjalani Operasi
Rityunjay Das dan orang tuanya berfoto bersama dokter yang menanganinya

RAKYATKU.COM - Seorang bayi India yang memiliki kepala terbesar di dunia telah menjalani operasi untuk memperbaiki kondisinya. 

Rityunjay Das, yang baru berusia tujuh bulan menderita hidrosefalus. Kondisi itu membuat dia memiliki ukuran kepala dengan diameter 96 cm.

baca juga: Dokter Temukan Otak Kecil di Ovarium Remaja 16 Tahun

Dalam sebuah operasi, dokter berhasil mengeluarkan hampir empat liter cairan dari kepalanya, dan mengurangi diamer kepalanya jadi 70cm.

Dr Dilip Parida, pengawas rumah sakit AIIMS di Bhuwaneshwar, mengatakan "Anak itu bersama kami sejak 20 November, kepalanya mengandung hampir 5,5 liter cairan dan kami telah mengeluarkan 3,7 liter." 

Ia mengatakan bahwa fungsi kognitif anak itu telah meningkat banyak dan sekarang dalam kondisi stabil serta  bisa merespon pengobatan dengan baik.

Orang tua bayi itu, Kamalesh Das dan Kavita, mengungkapkan bahwa keluarga mereka telah dikucilkan oleh tetangganya di Ranpur, Nayagarhsince. Tapi, dengan pengobatan ini, mereka berharap sikap tetangganya akan berubah.

"Orang-orang akan menyebut bayi kami hantu karena penampilannya yang tidak biasa," kata Kamalesh.

"Karena kepalanya berkurang ke ukuran normal, sikap tetangga dan warga desa kita akan berubah. Mereka akan berhenti memanggilnya kepala raksasa atau bayi hantu."