02 January 2017 10:04 WITA

Jangan Sampai 3 Gejala Kanker Payudara Ini Luput dari Perhatian

Editor: Vkar Sammana
Jangan Sampai 3 Gejala Kanker Payudara Ini Luput dari Perhatian

RAKYATKU.COM - Banyak wanita yang didiagnosa terkena kanker payudara mengaku pada awalnya tidak menyadari bahwa benjolan di bagian payudaranya adalah kanker. Itulah sebabnya, wanita disarankan untuk selalu memeriksa keadaan payudara mereka, apakah terdapat benjolan atau tidak.

Namun, belakangan ditemukan fakta bahwa benjolan bukan satu-satunya gejala kanker payudara. Bahkan penelitian yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Research National Cancer Institute tahun 2016, mengatakan bahwa satu dari enam wanita yang didiagnosis terkena kanker payudara melaporkan gejala lain selain benjolan.

Maka dari itu, dibutuhkan kesadaran bagi wanita untuk selalu memeriksa payudaranya. Karena bisa jadi gejala pertama kanker payudara bukanlah hanya benjolan yang tiba-tiba muncul, dan jika sudah menemukan keanehan pada payudara segeralah datang dan konsultasi kepada dokter.

Berikut ini adalah tanda-tanda kanker payudara yang luput dari perhatian seperti diulas dr. Jezzy Reisya di Meetdoctor:

Kulit Payudara Bersisik

Kulit kasar yang terasa bersisik atau lebih tebal dari biasanya adalah salah satu gejala awal kanker payudara, sehingga membuat payudara terlihat seperti kulit jeruk.

Pembengkakan

Kadang pembengkakan dapat muncul di bagian bawah permukaan payudara, bahkan jika seorang wanita tidak bisa merasakannya. Ini mungkin akan mengubah bentuk atau ukuran dari payudara, dan bahkan bisa mengakibatkan rasa sakit, yang sampai saat ini baru 6 persen wanita yang melaporkan gejala ini.

Perubahan Puting

Beberapa kanker payudara akan menyebabkan apa yang disebut putting retraksi, yaitu di mana puting masuk ke dalam. Biasanya, itu karena massa yang tumbuh di dalam payudara dan perubahan bentuknya. Sama seperti gejala pembengkakan, gejala ini baru dirasakan oleh 7 persen wanita yang diambil dari penelitian Research National Cancer Institute.

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, jangan ragu lagi untuk segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Semakin dini kanker payudara terdeteksi, maka semakin besar pula peluang kesembuhannya.