01 January 2017 05:00 WITA

Tanda-tanda Anda Alami Gangguan Tidur

Editor: Vkar Sammana
Tanda-tanda Anda Alami Gangguan Tidur
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Bila tidur Anda cukup, baik secara kuantitas dan kualitas, Anda akan merasa segar di pagi hari dan bersemangat. Namun, bila Anda seringkali mengantuk di siang hari, itu pertanda Anda mengalami gangguan tidur. Tak hanya Anda, tapi banyak orang yang tidak menyadari gangguan tidur yang mereka alami. Ada baiknya Anda mencermati tanda-tanda ini, karena bisa jadi Anda mengalaminya.

Bila tidur Anda cukup, baik secara kuantitas dan kualitas, Anda akan merasa segar di pagi hari dan bersemangat. Namun, bila Anda seringkali mengantuk di siang hari, itu pertanda Anda mengalami gangguan tidur. Tak hanya Anda, tapi banyak orang yang tidak menyadari gangguan tidur yang mereka alami. Ada baiknya Anda mencermati tanda-tanda ini, karena bisa jadi Anda mengalaminya.

Mudah Lelah

Anda sudah tidur selama delapan jam, namun bangun dengan badan yang masih terasa lelah. Jika sudah tidur dengan waktu dan jam yang cukup, namun masih merasa lelah, itu berarti ada sesuatu yang terjadi sehingga mencegah tubuh dan otak Anda untuk merasa tidur dengan cukup.

Sering Merasa Ngantuk di Siang Hari

Rasa kantuk yang berlebihan juga sering dirasakan sepanjang hari selama aktivitas Anda, sehingga tubuh kekurangan energi. Itu bisa jadi karena Anda kurang tidur, gangguan tidur ini bisa terjadi di saat yang tak terduga, seperti saat sedang berkendara, menonton tv atau sedang mengobrol dengan orang lain.

Mendengkur Saat Tidur

Gangguan tidur sering membuat Anda tidur dengan mendengkur, namun jangan dianggap biasa, karena ini adalah masalah yang serius yaitu sleep apneaSleep apnea adalah gangguan tidur serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Gangguan tidur ini menyebabkan turunnya kadar oksigen dalam darah, sulit bernapas, dan juga jantung berdegup kencang.

Sakit Kepala Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Kemungkinan jika Anda mengalami hal seperti ini, Anda mengalami sleep apnea yang gejalanya tidak terduga, seperti cepat lupa dan tekanan darah yang tak terkontrol.

Mengalami Sleep Paralysis

Gangguan ini adalah dimana Anda mengalami keadaan sadar, namun tubuh tidak bisa bergerak. Jika, sering mengalami gangguan ini Anda mengalami narcolepsy, yaitu kerusakan pada otak yang menyebabkan hilangnya kontrol untuk tidur atau terjaga pada seseorang. Gangguan ini juga sering terjadi pada orang yang stress.

Berat Badan Naik dan Turun Secara Drastis

Percaya atau tidak, namun orang yang mengalami gangguan tidur dapat menyebabkan kenaikan dan penurunan berat badan yang drastis. Itu karena, kualitas tidur yang tidak baik sangat berpengaruh besar dengan berat badan yang naik dan turun.